Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Negatif Merokok di Dalam Mobil

Kompas.com - 17/02/2020, 13:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Merokok merupakan kebiasaan sebagian orang yang sering dilakukan, termasuk saat sedang menyetir. Padahal, merokok di dalam mobil juga memiliki dampak negatif.

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, asap yang dihasilkan dari rokok bisa saja menempel di interior, seperti jok, atap, dan lainnya.

Baca juga: Larangan Merokok Sambil Berkendara Sesuai dengan UU No 22 tahun 2009

"Bisa juga ikut tersirkulasi ke dalam sistem AC (Air Conditioner)," ujar Didi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Ilustrasi Air conditionerStanly/Otomania Ilustrasi Air conditioner

Selain bau rokok yang menempel di kabin, asap rokok ini juga mengakibatkan berkurangnya usia komponen AC. Perawatan AC menjadi lebih cepat dan pengeluaran pun akan membesar.

"Mobil-mobil sekarang sudah dilengkapi dengan cabin air filter, mungkin saja penggantiannya jadi lebih sering," kata Didi.

Baca juga: Merokok Bisa Jadi Penyebab Kecelakaan di Jalan

Kelvin Og, Kepala Bengkel Rotary Bintaro, mengatakan, perawatan berkala AC sebaiknya dilakukan setiap kelipatan 10.000 km, dimulai dari servis kecil hingga servis besar.

"Kalau servis besar setiap 20.000 km. Servis evaporator biasanya setiap 8-12 bulan, dan ganti filter kabin setiap 6 bulan sekali. Kalau seperti itu, kinerja AC akan tetap normal," ujar Kelvin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com