Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Benar Motor Lewati Rel Kereta, Dipotong Jangan Diiris

Kompas.com - 02/02/2020, 16:24 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Curah hujan tinggi pengendara sepeda motor harap lebih berhati-hati saat melintasi perlintasan kereta api. Sebab rel yang menonjol dan licin bisa membuat pemotor terpeleset.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, mengatakan, baik musim hujan ataupun kemarau, perlintasan kereta merupakan area yang cukup berbahaya untuk pemotor.

Baca juga: Masih Nekat Parkir di Atas Rel Kereta, Siap-siap Mobil Diderek

Kecelakaan yang menewaskan pengendara sepeda motor karena dilindas kontainer di Jalan Lodan Raya, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (30/1/2020)KOMPAS.COM/JIMMY RAMADHAN AZHARI Kecelakaan yang menewaskan pengendara sepeda motor karena dilindas kontainer di Jalan Lodan Raya, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (30/1/2020)

"Ada caranya jika mau melintasi rel kereta. Pertama posisikan motor itu untuk memotong jalur rel, artinya melintasi dengan bentuk X, jangan diiris, karena rel itu licin takutnya ban tidak gigit," katanya kepada Kompas.com, Minggu (2/2/2020).

Jusri menerangkan, posisi motor harus memotong sebab jika posisi motor miring sejajar dengan rel maka selain licin ban bisa saja terjebak di parit atau jalur kecil antara rel dan jalan (aspal).

Baca juga: Viral, Yaris Ini Digotong Ramai-ramai karena Parkir di Atas Rel Kereta

"Kalau lewat rel sudah tentu kita turunkan kecepatan sesuai kondisi. Posisikan motor untuk memotong rel jangan diiris karena licin, apalagi kalau kondisi ban sudah aus atau kurang tekanan udara," kata Jusri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com