Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan Ini jika Motor Jarang Dipakai

Kompas.com - 02/02/2020, 09:02 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada kalanya karena suatu hal, sepeda motor jadi jarang dipakai. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan jika ingin mendiamkan motor tidak dipakai dalam waktu lama.

Wahyudin, Kepala Mekanik AHASS DAM mengatakan, motor yang jarang dipakai akan membuat aki cepat soak. Sebab baterai akan tetap menyuplai arus ke beberapa komponen walau jumlahnya kecil.

Baca juga: Efek Samping Isi Bensin yang Salah pada Motor Injeksi

"Kalau ingin lama tidak dipakai, dan bisa bongkar motor sendiri, baiknya terminal aki dilepas. Tapi kalau sudah nanggung tidak dilepas, maka sebelum dipakai lagi, akinya di-charge dulu di luar supaya voltasenya penuh dulu," kata Wahyu kepada Kompas.com, Sabtu (1/2/2020).

Penggunaan motor yang kurang tepat juga bisa membuat aki motor cepat soakkompas.com Penggunaan motor yang kurang tepat juga bisa membuat aki motor cepat soak

Selain aki, jika memang ingin mendiamkan motor dalam waktu lama maka menguras bensin di dalam tangki. Sebab bensin yang terlalu lama di tangki akan mengendap dan membuat fuel pump tidak bekerja.

"Parahnya unit injeksi fuel pump bisa macet kalau berbulan bulan tidak dipake," katanya.

Baca juga: Apa Betul Isi Bensin Motor Injeksi Wajib Ron 92?

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, Bogor, Jawa Barat mengatakan, bensin yang terlalu lama mengendap di dalam tangki akan kurang baik untuk pembakaran.

"Kadar oktan bisa menurun jika BBM terlalu lama mengendap di dalam tangki," ucap Herman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com