Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masa Depan Rossi di Yamaha Terungkap, Digantikan Quartararo

Kompas.com - 30/01/2020, 07:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim pabrikan Yamaha MotoGP sudah memperpanjang kontrak Maverick Vinales. Untuk musim 2021, Vinales akan mendapat rekan setim yang baru, yakni Fabio Quartararo.

Pebalap asal Prancis tersebut langsung menandatangani kontrak selama dua tahun. Quartararo akan membela tim pabrikan untuk musim 2021 dan 2022.

Baca juga: Dukungan buat Quartararo Jadi Pengganti Rossi

Kemajuan ini tentu tidak lepas dari hasil positif yang diraihnya pada musim lalu. Pebalap tim satelit Yamaha tersebut mampu mengoleksi tujuh podium, lima kali posisi kedua dan dua kali posisi ketiga.

Fabio Quartararo, Rookie of the Year 2019. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)MOHD RASFAN Fabio Quartararo, Rookie of the Year 2019. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)

Bahkan, Quartararo sanggup berada di peringkat kelima klasemen MotoGP 2019. Hasil tersebut yang membuatnya diberi penghargaan Rookie of the Year.

"Fabio baru berumur 20 tahun, tapi dia sudah menunjukkan kedewasaan yang luar biasa, baik di atas motor atau tidak. Kami sangat senang dia bergabung bersama kami untuk 2021," ujar Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Marquez Sebut Quartararo Adalah Ancaman

Quartararo sendiri berjanji akan bekerja keras seperti tahun lalu dan sangat termotivasi untuk meraih performa terbaiknya.

"Saya ingin berterima kasih pada YMC dan Petronas Yamaha Sepang Racing Team, yang sudah memberikan kesempatan untuk masuk kelas MotoGP di 2019. Saya akan memberikan semuanya untuk bisa membuat mereka bangga lagi tahun ini," kata Quartararo.

Valentino Rossidok.Yamaha Valentino Rossi

Nasib Rossi

Valentino Rossi sendiri bakal mengakhiri statusnya membalap untuk tim pabrikan Yamaha setelah 15 tahun berkarir. Musim 2020 ini akan jadi musim terakhir The Doctor sebagai pebalap tim pabrikan.

Posisi Rossi resmi digantikan Fabio Quartararo untuk musim 2021 dan 2022, sebagai pebalaptim pabrikan Yamaha MotoGP.

Menariknya, jika Rossi belum memutuskan untuk pensiun, telah terjadi kesepakatan bahwa The Doctor akan beralih ke tim satelit Yamaha.

Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing, mengatakan, Yamaha memiliki rasa hormat yang tinggi untuk Rossi dan sangat percaya dengan kemampuan Rossi di musim 2020. Tapi, di saat yang bersamaan Yamaha juga sudah memikirkan langkah untuk masa depan.

Baca juga: Rossi dan Marquez Dituduh Curang saat Balapan

Lin Jarvis dan Valentino Rossi.
MOTORCYCLENEWS.COM Lin Jarvis dan Valentino Rossi.

"Akan menjadi aneh memulai musim 2021 tanpa ada Rossi di tim pabrikan. Tapi, Yamaha akan selalu ada untuk Rossi. Kami akan menyediakan YZR-M1 dengan spesifikasi pabrikan dan dukungan teknisi secara penuh," ujar Lin Jarvis, dalam keterangan resminya.

Sementara Rossi, mengatakan, bahwa Yamaha sudah menanyakan mengenai masa depan Rossi sejak awal tahun ini. Namun, jawabannya selalu sama, pebalap yang dijuluki The Doctor ini tidak mau terburu-buru dan masih butuh waktu.

"Tujuan utama saya adalah menjadi kompetitif tahun ini dan melanjutkan karir sebagai pebalap MotoGP di 2021. Sebelum melakukannya, saya butuh waktu di mana hanya trek dan beberapa balapan pertama yang bisa menjawabnya," kata Rossi.

Rossi sendiri mengaku senang dengan dukungan Yamaha dan juga kontrak dari tim pabrikan, jikalau dia memutuskan untuk tidak pensiun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com