Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Beli Motor Trail Kompetisi?

Kompas.com - 28/01/2020, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum membeli motor trail kompetisi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sebab, motor dengan mesin SE (Special Engine) ini berbeda jika dibandingkan dengan motor trail legal atau jalan raya.

Andi Lupus, Manajer Tim RPD MX, mengatakan, sebelum membeli motor trail kompetisi, hendaknya disesuaikan dengan usia pengendaranya. Sebab, usia akan berpengaruh untuk ikut balap di kelas apa.

Baca juga: Mau Beli Motor Trail Kompetisi, Lihat Pilihannya dari APM dan Importir

"Mesinnya perlu didengarkan, sewaktu hidup terdengar suara yang aneh atau tidak. Kalau ada suara yang aneh atau mengganjal, sebaiknya cari motor lain saja," ujar Andi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Motor trail Beta di GIIaS 2019Kompas.com/Setyo Adi Motor trail Beta di GIIaS 2019

Andi menambahkan, bagian lain yang harus ada yaitu manual book atau petunjuk penggunaan untuk pemilik. Sebab, di manual book ini umumnya juga tercantum informasi mengenai tips perawatan dan lainnya.

"Suspensi depan dan belakang perlu diperhatikan, bagaimana karakternya saat naik dan turun," kata Andi.

Baca juga: Jangan Asal Beli, Kenali Beda Motor Trail Biasa dan Tipe Kompetisi

Menurut Andi, membeli motor dengan mesin SE ini tidak sulit. Sebab, rata-rata sudah bagus semua, jarang ada cacat jika beli dalam kondisi baru.

Tjok Vicky, Manajer Tim Bali MX, menganjurkan, untuk menyesuaikan dengan fisik dari pengendaranya, seperti tinggi badan dan berat badannya. Setelah itu, baru perhatikan bagian mesin dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com