Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Solar B20 Disebut Tak Ramah Lingkungan | Skuter Listrik Ini Dijual Mulai Rp 5 Jutaan

Kompas.com - 13/01/2020, 06:02 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengomentasi pernyataan yang menyebutkan bahwa solar B20 tidak ramah lingkungan. Menurut dia, tuduhan itu tidak lain karena ada persaingan antar negara.

Selain itu, informasi yang tidak kalah menariknya lagi, yaitu seputar skuter listrik Elvindo yang dijual mulai Rp 5 jutaan sampai belasan juta rupiah.

Penasaran seperti apa lengkapnya, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Minggu 12 Januari 2020:

1. Solar B20 Disebut Tak Ramah Lingkungan, Ini Kata Jokowi

Penggunaan Biosolar B20 di SPBU PertaminaDok. Pertamina Penggunaan Biosolar B20 di SPBU Pertamina

Presiden RI Joko Widodo ( Jokowi) menjawab tundingan Uni Eropa yang menilai produk turunan kelapa sawit Indonesia, khususnya minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO), tidak ramah lingkungan.

Menurut Jokowi, tuduhan itu tidak lain karena adanya persaingan bisnis antarnegara. Sebab, Eropa lebih banyak memproduksi minyak bunga matahari yang harganya lebih mahal daripada CPO.

"Uni Eropa memunculkan isu bahwa CPO tidak ramah lingkungan. Saya kira isu ini hanya soal perang bisnis antarnegara saja. Sebab, CPO bisa lebih murah dari minyak bunga matahari yang mereka hasilkan," kata Jokowi melalui keterangan resmi, Minggu (12/1/2020).

Baca juga: Solar B20 Disebut Tak Ramah Lingkungan, Ini Kata Jokowi

2. Skuter Listrik Elvindo Dijual Murah, Mulai Rp 5 Jutaan

Elvindo Rama KOMPAS.com/Gilang Elvindo Rama

PT Indo Jaya Motor Electric, selaku pemegang merek motor listrik Electric Vehicle Indonesia atau Elvindo, bakal segera meramikan segmen skutik listrik di pasar roda dua nasional.

Menariknya, Elvindo akan dipasarkan bersama dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Artinya motor listrik ini akan memiliki nomor polisi seperti pada umumnya.

"Untuk unit sudah bisa dipesan sejak saat ini, nanti akan ada STNK dan BPKB juga. Tapi jangan diartikan untuk surat-surat ini akan langsung, memang ada proses-prosesnya," ucap Hengky kepada Kompas.com usai seremoni di Cikupa, Tangerang, Sabtu (11/1/2020).

Baca juga: Skuter Listrik Elvindo Dijual Murah, Mulai Rp 5 Jutaan

3. Petualang Keliling Dunia Asal Inggris Ini Servis Motor di Gunung Sahari

Honda CB500X milik Luke Philips melakukan servis rutin seperti penggantian oli dan memperbaiki seal shock depan yang bocor.Foto: Istimewa Honda CB500X milik Luke Philips melakukan servis rutin seperti penggantian oli dan memperbaiki seal shock depan yang bocor.

Luke Philips, penjelajah motor asal Inggris telah sampai di Jakarta, Indonesia, setelah dua tahun berkeliling dunia menggunakan sepeda motor Honda CB500X dari Birmingham, Inggris.

Sampai di Jakarta, solo rider tersebut melakukan service reguler seperti penggantian oli dan memperbaiki sil suspensi depan yang bocor karena kotoran di Wahana Honda BigWing, Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020).

Manager Wahana Honda BigBike, Chris Salmon, mengatakan, Luke mengakui mengetahui Wahana Honda BigWing atas saran Honda Sales Operation Mataram saat dia mengunjungi daerah tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com