Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skuter Listrik Elvindo Dijual Murah, Mulai Rp 5 Jutaan

Kompas.com - 11/01/2020, 16:32 WIB
Stanly Ravel,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

CIKUPA, KOMPAS.com - PT Indo Jaya Motor Electric, selaku pemegang merek motor listrik Electric Vehicle Indonesia atau Elvindo, bakal segera meramikan segmen skutik listrik di pasar roda dua nasional.

Menariknya, Elvindo akan dipasarkan bersama dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Artinya motor listrik ini akan memiliki nomor polisi seperti pada umumnya.

"Untuk unit sudah bisa dipesan sejak saat ini, nanti akan ada STNK dan BPKB juga. Tapi jangan diartikan untuk surat-surat ini akan langsung, memang ada proses-prosesnya," ucap Hengky kepada Kompas.com usai seremoni di Cikupa, Tangerang, Sabtu (11/1/2020).

Baca juga: Pabrik Skuter Listrik Elvindo di Tangerang Resmi Beroperasi

Hengky menjelaskan pihaknya menjamin bila semua skutik listrik Elvindo akan dilengkapi dengan nomor polisi dan bisa digunakan di jalan raya.

Peluncuran Skuter Listrik ElvindoKOMPAS.com - Stanly Peluncuran Skuter Listrik Elvindo

Sementara untuk harga jualnya, dijelaskan akan berkisar dari mulai Rp 5 jutaan ke atas sampai Rp 13 Jutaan.

Selanjutnya, untuk segmentasi pasar, menurut Hengky akan mengarah ke kalangan menengah bawah. Lantaran itu, nantinya jaringan penjualannya pun akan lebih difokuskan di kabupaten-kabupaten.

"Untuk diler nanti di kabupaten kota, kita sesuaikan target marketnya. Jadi setelah fasilitas ini diresmikan, tahun ini kita kejar juga jaringan dilernya, target awal mungkin sekitar 100," ucap Hengky.

Hal senada juga diutarakan oleh purnawirawan Irjen Pol Setyo Wasisto yang kini menjabat sebagai Komisaris Elvindo. Menurut Setyo, Elvindo akan menjadi motor listrik yang dipasarkan dengan sangat terjangkau.

Peresmian Pabrik Skuter Listrik ElvindoKOMPAS.com - Stanly Peresmian Pabrik Skuter Listrik Elvindo

"Seperti sudah disampaikan, jadi kami ingin Elvindo ini hadir untuk menepis anggapan bila harga motor listrik itu mahal, dengan harga yang lebih murah Elvindo akan jadi motor listrik yang sangat terjangkau. Ini juga akan menjadi batu loncatan untuk menarik minat masyarakat beralih ke kendaraan yang ramah lingkungan," ujar Setyo kepada Kompas.com.

"Untuk surat dan nomor polisi nanti akan ada, jadi sekarang ini kita sedang proses lebih dulu uji tipe dan sertifikasinya untuk homologasi. Banyak kelebihan yang akan kami tawarkan, selain dari harga terjangkau yang pasti motor ini lebih efesien dan ramah lingkungan," ucap Setyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com