Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jok Motor Sobek Bikin Celana Basah

Kompas.com - 09/01/2020, 16:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki musim hujan, pengendara sepeda motor harus lebih perhatian dengan motornya. Termasuk soal jok motor, jika ada yang sobek sebaiknya cepat ganti dengan yang baru.

Andry Herdiyana, pemilik workshop khusus jok motor kustom bernama Relaxseatmodification, mengatakan, jok sobek yang sering terkena air dan panas bisa membuat busa di dalamnya jadi getas dan mudah lapuk.

"Busa jok kalau sering terkena panas dan hujan bisa getas, mirip sol sneakers yang bentuk busa, itu kan bisa hancur, nah sama seperti busa yang kita dudukin. Karena busa dibuat dari bahan kimia," kata Andri kepada Kompas.com, Kamis (9/1/2020).

Baca juga: Memilih Jok Motor, Sepele tapi Penting dan Aman

Kulit jok motor sobek TribunnewsBogor.com/Sachril Agustin Berutu Kulit jok motor sobek

Selain soal keawetan busa, jok sobek merugikan pengendara. Jika terkena hujan atau bahkan sekadar habis cuci motor, maka celana akan basah karena air terlanjur menyerap ke dalam busa.

"Jok sobek itu sudah tidak enak banget sebetulnya. Sudah pasti itu celana basah walaupun hujannya sudah berhenti sebab kan busanya berair, kemudian juga secara estetika merusak pandangan," katanya.

Baca juga: Banyak yang Keliru, Ternyata Begini Cara Cuci Jok Motor

Andri mengatakan, jika jok sobek sebaiknya langsung diganti. Apalagi harga kulit jok sebetulnya tidak terlalu mahal dan masih cukup terjangkau.

"Harganya bervariasi, tapi masih terjangkau dari Rp 50.000 juga ada sampai yang mahal juga ada. Tergantung material dan tempatnya kan. Tempat julit jok di pinggir jalan juga banyak yang jual," kata Andri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com