Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Perbaikan Terendam Banjir di Bengkel Toyota Mulai Rp 2 Jutaan

Kompas.com - 08/01/2020, 07:32 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Guna melayani konsumen yang terkena dampak banjir, sejumlah dealer mulai menawarkan paket jasa perbaikan. Khususnya bagi mobil yang mengalami kerusakan, dari sekadar mogok, hingga terendam air secara menyeluruh.

Salah satunya dealer resmi Toyota yang memberikan beberapa jenis perbaikan tergantung dari seberapa parah kerusakannya. Khusus pelayanan banjir, secara umum kondisi mobil akan dibagi tiga; ringan, sedang, dan berat.

“Pada dasarnya setiap dealer Toyota punya inisiatif tersendiri dalam memperbaiki mobil konsumen. Bisa saja ada perbedaan harga, paketnya, dan tambahan layanan karena terkena banjir,” ujar Dimas Aska, Public Relation Manager PT Toyota Astra Motor, kepada Kompas.com (7/1/2020).

Baca juga: Toyota Catat Ribuan Mobil Jadi Korban Banjir Jabodetabek

Auto2000 berikan promo bagi mobil Toyota yang terdampak banjir Auto2000 berikan promo bagi mobil Toyota yang terdampak banjir

Semisal di bengkel Auto2000, perbaikan karena banjir paling ringan dilakukan pengecekan pada sektor pengereman, kelistrikan, dan kaki-kaki.

“Pada kondisi ini air masuk interior mobil, namun hanya membasahi karpet dasar saja. Jasanya sekitar Rp 2 jutaan,” ucap Deni Adrian, Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong, saat dihubungi belum lama ini.

Untuk level menengah, menurut Deni air sudah setinggi dasbor. Pada ketinggian ini, bagian interior mobil lebih banyak yang harus dilakukan pengecekan.

Baca juga: Aktivitas Produksi Mobil Toyota Sempat Terganggu karena Banjir

Mekanik Auto2000 sedang memeriksia kondisi mobil.TAC Bordep Mekanik Auto2000 sedang memeriksia kondisi mobil.

“Kalau air sudah setinggi dasbor, artinya bangku-bangku juga basah, harus dikeluarkan dan dikeringkan semua. Sistem kelistrikan lebih banyak yang kena, biayanya sekitar Rp 3 jutaan sampai Rp 4 jutaan, tergantung kerusakannya,” katanya.

Sedangkan untuk level paling berat, biaya jasa perbaikan karena banjir mencapai Rp 5 jutaan. Deni mengatakan, pada kondisi ini mobil sudah terendam sampai bagian plafon, membuat perbaikan di sektor interior dilakukan menyeluruh.

“Mesin juga kami lihat, kalau perlu turun setengah mesin. Biasanya ada yang kena water hammer, itu harus turun mesin, biayanya lebih besar lagi. Kalau sampai blok mesin baret, artinya harus ganti semua, minimal Rp 15 jutaan,” ujar Deni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com