Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Mobil Pejabat Pemerintah Berharga Miliaran Rupiah

Kompas.com - 28/12/2019, 06:32 WIB
Ari Purnomo,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Sebagai seorang pejabat negara tentunya akan mendapatkan sejumlah fasilitas dari pemerintah. Salah satunya adalah mobil dinas.

Alat transportasi yang akan mengantarkan pejabat tersebut juga tidaklah sama antara satu dengan yang lain. Pemilihan jenis dan tipe kendaraan pun kadang ditentukan oleh tinggi rendahnya jabatan di pemerintahan.

Seperti halnya untuk kendaraan roda empat. Ada yang harganya ratusan juta bahkan hingga mencapai miliaran rupiah.

Dari penelusuran Kompas.com, simak beberapa mobil pejabat yang digunakan saat ini:

Baca juga: Masih Banyak Pejabat dan Artis yang Menunggak Pajak Mobil Mewah

Mobil dinas Bupati Karanganyar, Juliyatmono terparkir di depan gedung DPRD. Mobil mewah seharga Rp 1,98 miliar ini akan mendampingi orang nomor satu di Karanganyar dalam berbagai aktifitasnya.ari purnomo Mobil dinas Bupati Karanganyar, Juliyatmono terparkir di depan gedung DPRD. Mobil mewah seharga Rp 1,98 miliar ini akan mendampingi orang nomor satu di Karanganyar dalam berbagai aktifitasnya.

Jeep Wrangler Rubicon

Bupati Karanganyar Juliyatmono baru saja mendapatkan mobil dinas terbaru jenis Jeep Wrangler Rubicon. Mobil keluaran pabrikan Amerika Serikat ini merupakan model keluaran terbaru.

Jip dua pintu ini, dibekali mesin 2.0 liter, empat silinder segaris, sudah direct-injection, turbocharging, plus mild hybrid.

Teknologi mild hybrid yang digunaka, bernama Global Medium Engine (GME) e torque. Dengan teknologi ini, mobil diklaim menjadi lebih bertenaga dan hemat bahan bakar.

Baca juga: Ini Spesifikasi Jeep Wrangler Rubicon, Mobil Dinas Bupati Karanganyar

Tenaga yang dihasilkan, hingga 270 hp dan torsi 400 Nm. Berkat teknologi baru, tenaga ini lebih besar dari mesin 3.0L V6 dan terpaut hanya 15 hp dibandingkan dengan 3.6L V6.

Untuk penerus kecepatan, mobil dengan dua pintu ini menggunakan transmisi otomatis 8 percepatan. Harga mobil ini ditaksir mencapai Rp 1,98 miliar.

 

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive.Foto: Toyota Toyota Crown 2.5 HV G-Executive.

 

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive

Sedan dengan mesin 2.5L Hybrid Vehicle digunakan para menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Selain menteri, mobil ramah lingkungan ini juga akan dipakai oleh pejabat setingkat menteri, pimpinan lembaga negara, mantan presiden, dan mantan wakil presiden.

Mobil pabrikan Jepang ini dibanderol dengan harga 6.323.400 Yen atau sekitar Rp 840 jutaan. Tetapi, saat didatangkan ke Indonesia, harganya hampir dua kali lipat yakni mencapai Rp 1,5 miliar.

Pemilihan jenis mobil ini berdasarkan pertimbangan teknis. Diantaranya, faktor keamanan, keandalan dan efisiensi biaya pemeliharaan yang semakin mahal karena usia pemakaian.

 Baca juga: Mobil Para Menteri Selip di Ibu Kota Baru, Ini Kata Pengamat Safety Driving

Mercedes-Benz S600 Guard terbaru bersertifikat sertifikat VR10 untuk perlindungan balistika dari Ballistics Authority di Ulm, Jerman. Worldcarfans Mercedes-Benz S600 Guard terbaru bersertifikat sertifikat VR10 untuk perlindungan balistika dari Ballistics Authority di Ulm, Jerman.

Mercedes-Benz S600 Guard

Sebagaimana para menterinya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga akan menggunakan mobil dinas baru. Sedan ini khusus, Mercedes-Benz S600 Guard.

Mobil ini akan menggantikan mobil dinas lama Presiden Jokowi yakni Mercedes-Benz S 600 Pullman Guard. Seperti diketahui, mobil tersebut merupakan model warisan dari era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com