Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Nama Mirip, Ini Perbedaan Honda Blade dengan Air Blade

Kompas.com - 17/12/2019, 14:11 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, Honda Vietnam resmi meluncurkan Air Blade 150. Di Indonesia, juga ada model motor Honda dengan nama yang serupa, yakni Blade.

Meski begitu, kedua motor ini sangatlah berbeda. Air Blade 150 adalah skuter matik (skutik). Sementara Blade, merupakan motor jenis cub (bebek).

Baca juga: Simak Spesifikasi Honda Air Blade 150, Pesaing Yamaha Aerox 155

Penamaan motor tiap negara memang berbeda-beda, meskipun modelnya sama. Seperti di motor bebek Honda Blade, di Vietnam menggunakan nama Wave RSX FI 110 cc.

Motor tersebut juga masih menggunakan mesin 110 cc, sedangkan di Indonesia kapasitasnya sudah 125 cc.

Meski mesin dan tenaga lebih besar, tapi konsumsi bisa lebih hemat.Agung Kurniawan Meski mesin dan tenaga lebih besar, tapi konsumsi bisa lebih hemat.

Nama Blade juga dipakai pada motor bebek Honda di Vietnam. Namun, Blade di Vietnam merupakan motor yang sama seperti Revo X di Indonesia.

Di Indonesia, Air Blade tidak diluncurkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Padahal, Air Blade sudah cukup lama meluncur di Vietnam. Pertama kali diperkenalkan pada 2007, kala itu masih menggunakan mesin berkapasitas 110 cc dan masih menggunakan karburator.

Baca juga: Saingi Yamaha Aerox, Honda Luncurkan Air Blade 150 pop

Baru pada tahun 2009 Air Blade beralih ke injeksi. Di tahun 2012, Honda kembali melakukan perubahan pada Air Blade dengan menaikkan kapasitas mesinnya menjadi 125 cc.

Baru pada model 2020 ini, untuk menjawab tantangan dari para kompetitor, seperti Yamaha NMAX dan Aerox 155, Honda kembali meningkatkan kapasitas mesin Air Blade menjadi 150 cc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com