Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4,8 Juta Unit Motor Honda Bakal Terjual di Tahun Ini

Kompas.com - 01/12/2019, 10:22 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

AMBARAWA, KOMPAS.com - Astra Honda Motor (AHM) optimistis akan menutup tahun 2019 dengan capaian positif, yakni menjual 4,8 juta unit sepeda motor baru, naik sedikit dari tahun lalu dengan raihan 4,7 juta unit.

Direktur Pemasaran PT AHM Thomas Wijaya, mengatakan, sampai Oktober total penjualan Honda sudah mencapai 4,1 juta unit untuk semua tipe, atau tumbuh empat persen dibanding periode sama tahun lalu.

Baca juga: Makin Diminati, Honda Klaim Ekspor CRF150 Naik 30 Persen

"Kami lihat tahun ini kita bisa 4,7-4,8 juta unit, ya kurang lebih 4,8 juta tahun ini. Tahun lalu itu 4,7 juta. Jadi agak sedikit naik," kata Thomas di Ambarawa, Jawa Tengah, Sabtu (30/11/2019).

Thomas mengatakan, capaian baik tahun ini tak lepas dari pertumbuhan segmen skutik yang naik tujuh persen dari tahun lalu. Meski pada periode sama segmen bebek dan sport turun delapan persen dan 17 persen.

KompasOtomotif-Honda CBR250RR edisi spesial meluncur di GIIAS 2017.Donny Apriliananda/KompasOtomotif KompasOtomotif-Honda CBR250RR edisi spesial meluncur di GIIAS 2017.

Model skutik yang paling laris masih disumbang oleh jajaran skutik entry level 110cc seperti BeAT series, Vario Series, Scoopy, dan juga Honda Genio yang penjualannya mencapai 35.000 unit per bulan.

Baca juga: Ekspor Honda BeAT Meningkat September 2019

"Faktor bebek dan sport turun kami melihat tren konsumen suka yang praktis. Motor ini juga ekonomis. Terus juga itu bisa juga dipakai tidak hanya individu, tapi juga keluarga. Matik itu mudah, mau dipakai pria wanita bisa. Jadi kami melihat perubahan konsumen itu matik disukai karena hal demikian," katanya.

Prediksi Thomas, tahun depan segmen bebek dan sport tidak jauh berbeda dengan tahun ini. Skutik sendiri mencapai 87 persen, dan sisanya baru dibagi dua antara bebek dan sport.

"Jadi dua tipe itu kurang lebih hanya 10 persen untuk bebek dan sport," kata Thomas.

Sebelumnya, Asosiasi Sepeda Motor Indonesia ( AISI) menetapkan target penjualan motor nasional selama 2019 sebesar 6,4 juta unit. Angka itu naik tipis dari raihan tahun lalu sebesar 6.384.111 unit.

Adapun sampai Oktober 2019 penjualan motor nasional untuk lima merek anggota AISI mencapai 5,5 juta unit. Sedangkan Honda, seperti disebutkan Thomas sudah mencapai 4,1 juta unit untuk semua tipe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com