Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2025 Indonesia Ditarget Produksi 2 Juta Unit Motor Listrik

Kompas.com - 29/11/2019, 12:38 WIB
Stanly Ravel,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam pembukaan IIMS Motobike Expo 2019, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, menyampaikan bila target produksi sepeda motor di Indonesia pada 2025 akan mencapai 10 juta unit.

Berdasarkan jumlah tersebut, selain untuk kebutuhan domestik ditarget juga untuk keperluan ekspor ke beberapa negara. Bahkan pemerintah juga menargetkan untuk produsen roda dua memproduksi motor listrik.

"Pada 2025 ditargetkan produksi meningkat 10 juta unit. Dari angka itu satu juta unit guna ekspor, dua persen atau dua juta unitnya untuk produksi motor berbasis listrik," kata Agus di pembukaan IIMS roda dua di Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Penjualan Gesits di IIMS 2019 Penjualan Gesits di IIMS 2019

Lebih lanjut Agus menjelaskan bila hal ini selaras dengan program percepatan kendaraan listrik berbasis baterai yang peraturannya sudah disahkan beberapa waktu lalu oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca juga: IIMS Motobike Expo 2019 Resmi Dibuka, Dukung Industri Roda 2 Nasional

Bahkan dengan adanya aturan-aturan serta kemudahan dalam berinvestasi untuk industri otomotif memproduksi kendaraan listrik, pada 2030 mendatang pemerintah menargetkan Indonesia menjadi salah satu negara basis kendaraan listrik di kawasan ASEAN.

"Jadi saya ingatkan lagi bagi teman-teman industri yang masih membawa produk dari luar, sekarang kesempatannya untuk melalkuan investasi dan memproduksi kendaraanyan secara lokal. Pemerintah sudah memberikan insentif serta kemudahan untuk berinvestasi," kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com