Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Recall Belasan Ribu Unit Alphard di China, Indonesia Aman?

Kompas.com - 26/11/2019, 15:59 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota kembali mengumumkan penarikan kembali atau recall untuk Alphard yang dipasarkan di China. Kampanye penarikan ini merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya juga direcall akibat masalah airbag pada awal 2019.

Mengutip dari China Daily, penarikan Alphard kali ini totalnya mencapai 12.637 unit yang diproduksi antara 11 Desember 2017 hingga 29 Maret 2019 lalu. Masalahnya diklaim karena program kontrol pengsian daya yang diduga cacat produksi.

Program tersebut diklaim mengalami kerusakan pada kontrol mesin yang kemudian memicu kerusakan juga pada baterai atau aki.

Akibatnya mobil tidak bisa dinyalakan kembali usai mesin dimatikan, bahkan diklaim bisa berpotensi menimbulkan risiko keselamatan.

Baca juga: Rencana R&D dan Mobil Hybrid Murah Toyota-Daihatsu

Lantas bagimana dengan nasib MPV bongsor ini di Tanah Air, mengingat sama-sama didatangkan dari Jepang. Apakah ikut bermasalah seperti di China atau justru aman-aman saja.

Saat mengkonfirmasikan hal ini, Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy, mengatakan bila recall di China tidak ada kaitannya dengan Alphard yang dipasarkan di Indonesia.

Toyota Alphard 2018. Dok. TOYOTA ASTRA MOTOR Toyota Alphard 2018.

"Sudah ada informasinya dan kami juga baru terima, untuk Alphard yang di Indonesia sama sekali tidak terlibat di recall tersebut," ujar Anton saat dihubungi Kompas.com, Selasa (26/11/2019).

Baca juga: Lexus Bawa Kembaran Toyota Alphard, Harga Rp 2 Miliar

Lebih lanjut Anton menjelaskan, meski unit yang dipasarkan sama-sama berasal dari Jepang, namun setiap negara memiliki perbedaan spesifikasi. Tapi dia tidak mengetahui secara detail bedanya Aplhard di China dan di Indonesia.

"Saya belum tahu percis di China itu seperti apa (Aplhard), untuk Indonesia CBU Jepang, dan secara spesifikasi memang bisa berbeda," ucap Anton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com