Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Populasi Ojek "Online" Jangan Sampai Ganggu Ketertiban Lalu Lintas

Kompas.com - 11/11/2019, 18:14 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring berjalannya waktu, populasi jumlah ojek online (ojol) pun makin menjamur. Contohnya seperti di Jabodetabek, hampir setiap sudut mudah ditemui ojek daring yang memiliki ciri khas jaket berwarna hijau tersebut.

Meski sudah menjadi sebuah kebutuhan, sayang pertumbuhan ojol tidak disikapi para pemangku kebijakan sedari awal, sehingga kini menimbulkan fenomena sosial yang sifatnya mengganggu ketertiban umum.

Contoh paling gampang seperti area umum yang dijadikan tempat mangkal para ojol. Mulai dari halte, kolong jembatan, bahu-bahu jalan, sampai sebagian trotoar pun kini berubah fungsi menjadi lapak tongkrongan.

Baca juga: Angkot, dan Ojol yang Ngetem di Jalur Sepeda Kena Denda Rp 500.000

Menyikapi hal ini, pemerhati masalah transportasi yang dulu juga pernah menjabat sebagai Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya Budiyanto menjelaskan bahwa fenomena tersebut menggambarkan dua masalah besar.

Kondisi trotoar di depan Stasiun Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Ojol (ojek online) mengetem di lokasi tersebut, Selasa (6/8/2019).Walda /KOMPAS.com. Kondisi trotoar di depan Stasiun Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Ojol (ojek online) mengetem di lokasi tersebut, Selasa (6/8/2019).

"Pertama, sudah jelas menggambarkan rendahnya kedisiplinan para pengendara, lalu yang berikutnya menjadi cerminan ketidakberdayaan petugas dalam menertibkan masalah ojol ini," ucap Budiyanto dalam keterangan resminya, Senin (11/11/2019).

Menurut Budiyanto, maraknya ojol menunjukkan sebuah perkembangan tren yang tidak terkendali. Antara supply dan demand yang tidak seimbang karena jumlah ojol lebih banyak dibandingkan dari pengguna jasanya.

Kemudahan menjadi ojol pun dinilai sebagai salah satu penyebab utamanya. Sebab, dengan hanya bermodalkan SIM, memiliki sepeda motor, dan ponsel pintar, masyarakat sudah bisa mencari nafkah.

Baca juga: Banyak yang Melanggar, Ojek Online Kena Operasi Patuh Jaya 2019

Akibat dari masalah tersebut, maka timbul fenomena sosial, sepeti munculnya area-area mangkal ojol di sembarang tempat yang sekarang sudah menjadi sebuah pemandangan umum karena tidak adanya tindakan dari pihak yang berwenang.

Bahkan dampaknya pun sampai membuat kondisi semrawut dan mengganggu kinerja lalu lintas.

Penumpukan ojek online yang menjemput ataupun menurunkan penumpang tampak di bawah jembatan penyebrangan orang (JPO) di Stasiun Palmerah. Foto diambil Rabu (12/12/2018). KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELA Penumpukan ojek online yang menjemput ataupun menurunkan penumpang tampak di bawah jembatan penyebrangan orang (JPO) di Stasiun Palmerah. Foto diambil Rabu (12/12/2018).

"Karena banyaknya ojol, dan akibat penjagaan dan pengawasan yang terbatas serta tidak konsisten, maka menciptakan ruang untuk melakukan pelanggaran. Aparat terkesan tidak berdaya. Ini perlu ada langkah-langkah stategis dengan komponen yang berkompeten untuk membuat solusi dari hulu hingga hilir," kata Budiyanto.

Upaya polisi

Secara terpisah, Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar menjelaskan, memang masalah ketertiban soal ojol saat ini juga menjadi salah satu fokus yang akan ditangani, terutama dalam hal pelanggaran lalu lintas.

"Hal ini sudah menjadi pembahasan, kita pasti akan melakukan tindakan bila terbukti melanggar. Contoh yang saat ini sedang kita giatkan adalah terkait tempat-tempat mangkal yang menyalahi aturan, jadi bila di lokasi ada rambu seperti dilarang berhenti dan sebagainya akan kita tindak, termasuk di trotoar," ujar Fahri.

Baca juga: Ojek Online Jadi Penguji Swap Baterai Motor Listrik

Shelter Ojek Online di Stasiun Depok Baru menjadi wadah bertemunya pengemudi dan penumpang ojek online di sana, Selasa (22/5/2018).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D Shelter Ojek Online di Stasiun Depok Baru menjadi wadah bertemunya pengemudi dan penumpang ojek online di sana, Selasa (22/5/2018).

Tidak sampai di situ saja, Fahri menjelaskan, benang merah permasalahan ojol memang tak bisa diselesaikan dari satu pihak. Karena itu, nantinya kepolisian juga akan aktif berkoordinasi dengan pihak aplikator guna mencari solusi.

Baca juga: Komunitas Ojek Online Tidak Setuju Sepeda Motor Kena Ganjil Genap

Salah satu cara yang akan ditempuh adalah dengan menyediakan tempat-tempat khusus di lokasi yang tak mengganggu pergerakan alur lalu lintas atau pengguna jalan lainnya.

"Kami akan koordinasi dengan aplikator. Kami minta mereka menyediakan shelter atau tempat untuk driver-nya menunggu penumpang, tentu itu kan bisa dicapai dengan kerja sama pihak lain juga, seperti pihak stasiun, terminal, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya," ujar Fahri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com