Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha RX-Z, Laris di Malaysia Tumbang di Indonesia

Kompas.com - 08/11/2019, 12:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Redaksi kembali menghadirkan foto sepeda motor spesial (collectible item) dalam bentuk goresan sketsa karya Oni Faristiwa. Liputan karya seni ini hadir reguler setiap Jumat, di kanal otomotif Kompas.com.

Kali ini, pada pekan ke-31 awak redaksi menghadirkan goresan sketsa Yamaha RX-Z. Motor sport 2-tak legendaris era 80 dan 90án, yang merupakan versi telanjang dari Yamaha RZR dan sepupu dari RX-King.

Baca juga: Yamaha RX-King Ini Dibanderol Rp 100 Juta, Apa Istimewanya?

RX-Z lahir dari pengembangan Yamaha RD125 dengan sasis yang sama. Yamaha RX-Z generasi pertama tercetus pada 1985 dan dijual di Malaysia dan Singapura.

Yamaha RX-ZFoto: Motosikal Info Yamaha RX-Z

Perawakannya yang sporti rupanya mudah dicintai masyarakat Malaysia. Terbukti bahwa motor dengan lampu kotak dan buritan ala prisma itu laku keras di Negeri Jiran.

Sukses di Malaysia dan Singapura, Yamaha membawa RZ-R masuk ke Indonesia pada 1987. Saat itu kehadirannya diposting untuk melawan motor ''batangan" sesama Jepang yakni Kawasaki AR 125.

Pada 1990 Yamaha memberikan penyegaran kepada RX-Z dengan tambahan pilihan warna baru dan pembaruan di bagian mekanikal. Jika sebelumnya motor memakai transimisi 5-percepatan maka diubah jadi 6-percepatan.

Baca juga: Perlahan Tapi Pasti, Harga Yamaha RX-King Makin Tinggi

Perubahan ini yang kemudian menjadi ciri khas perbedaan antara RX-Z dengan RX-King. Sebab walaupun sama-sama membopong mesin 2-tak 135 cc keduanya beda di transmisi dan gir akhir.

Arena PermotoranFoto: Arena Permotoran Arena Permotoran

Sayangnya dengan alasan itu juga kerap disebut salah satu mengapa masyarakat Indonesia jadi suka RX-King. Transmisi 5-percepatan disebut lebih ''ngejambak'' dan enak buat tarik-tarikan pendek.

Beberapa kalangan berpendapat RZ-R dan versi sportinya RZR merupakan produk gagal. Namun hal itu bukan karena gagal secara produk melainkan di pemasaran, sebab saat itu harga RX-Z termasuk mahal.

Sadar kalah telak dari RX-King produksi Yamaha RZ-R dihentikan pada tahun 1999. Sedangkan RX-King baru disetop pada 2009, setelah pemberlakuan standar emisi mulai ketat diterapkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com