Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aprilia RS660 Meluncur di EICMA, Tantang Yamaha dan Kawasaki

Kompas.com - 07/11/2019, 10:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


MILAN, KOMPAS.com - Aprilia resmi meluncurkan moge terbarunya, RS660 di lantai EICMA, Milan 2019. Supersport kelas menengah ini siap menantang eksistensi Yamaha R6 dan Kawasaki ZX6R.

Desain RS660 terinspirasi superbike RSV4. Fairing motor dibuat ganda di mana fairing luar diklaim dapat menambah downforce untuk menjaga motor tetap stabil pada kecepatan tinggi.

Baca juga: New Vespa Elettrica Meluncur di EICMA, Lebih Kencang

Pencahayaan RS 660 memakai LED lengkap dengan tambahan DRL. Klaster instrumen memakai TFT 5-inci full color yang dapat terhubung dengan ponsel pintar untuk navigasi.

Meski diposting untuk melawan R6 dan ZX6R, kehadiran RS660 bisa dibilang cukup unik. Sebab dia memakai mesin 2-silinder berbeda dengan para rival yang 4-silinder.

Meski hanya 2-silinder mesin ini diklaim sangat canggih. Jantung 660 cc itu menggunakan desain crankshaft 270 derajat dan dapat menghasilkan 100 hp meski torsinya belum dirilis.

Aprilia RS660 Aprilia RS660

Konfigurasi mesin ini sebetulnya berasal dari silinder depan RSV4 Aprilia 1100 cc. Motor ini memuat berbagai elektronik terbaru yang dikontrol oleh inertial measurement unit (IMU).

Baca juga: Ini Dia Sepeda Motor Masa Depan Honda, Dipamerkan di EICMA 2019

Beberapa fiturnya antara lain kontrol traksi, ABS, lima mode pengendaraan (3 untuk jalanan, dan 2 untuk sirkuit), quickshifter, wheelie control, dan engine braking system.

Aprilia RS660 Aprilia RS660

RS660 menggunakan rangka aluminium twin-spar baru. Swing arm model asimetris seperti Kawasaki Ninja ZX25R, yang mana kanan melengkung sedangkan sebelah kiri lurus.

Suspensi depan memakai Kayaba 41 mm yang dapat disetel sepenuhnya, sementara pengereman menggunakan kaliper Brembo menjepit cakram ganda 320 mm di roda depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com