Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Komponen yang Perlu Diganti pada Motor Sport Usia 5 Tahun

Kompas.com - 01/11/2019, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap motor yang sudah mencapai batas waktu tertentu, perlu untuk mengganti komponennya agar performanya tetap terjaga. Tak terkecuali dengan motor sport yang sudah mencapai usia lima tahun.

Wahyudin, Kepala Bengkel Daya Adicipta Motora (DAM) mengatakan, untuk motor berusia lima tahun, biasanya suku cadang yang diganti lebih kepada komponen di area mesin.

Baca juga: Tren Modifikasi Motor Sport 250 cc Meredup

"Biasanya, yang diganti itu piston kit, valve kit, rantai mesin, crankshaft dan bearing big end, seal-seal pada mesin, O-ring pada penutup oli, serta gasket atau paking," ujar Wahyudin, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Ilustrasi komponen kopling di CBR250R asal Thailand.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Ilustrasi komponen kopling di CBR250R asal Thailand.

Wahyudin menambahkan, bagian suspensi juga perlu dilakukan pengecekan, khususnya pada bagian seal-nya. Seal yang menggunakan material karet umumnya sudah getas saat mencapai usia lima tahun. Apalagi, seal sokbreker depan yang bisa dibilang terus bekerja saat motor melaju.

"Khusus untuk motor sport, biasanya kampas kopling manual juga perlu dilakukan penggantian. Selain itu, rantai roda satu set dengan gir depan dan belakang juga sudah waktunya untuk diganti," kata Wahyudin.

Baca juga: Oktober 2019, Harga Motor Sport Kelas 150 cc Bertahan

Untuk harganya, berbeda-beda untuk tiap motor sport. Tergantung dari merek, tipe, dan juga kapasitas mesinnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com