Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Lebih Dekat Aprilia GPR 250, Motor China Rasa Eropa

Kompas.com - 13/10/2019, 08:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, Aprilia memperkenalkan produk terbarunya di China. Produk baru tersebut adalah motor sport full fairing dengan kapasitas mesin 250 cc. Ada alasan mengapa Aprilia memilih China untuk memasarkan motor tersebut.

Untuk masuk ke pasar Asia, pabrikan motor asal Italia tersebut ternyata sudah melakukan kerja sama atau joint venture dengan produsen motor asal China bernama Zongshen.

Selanjutnya, Zongshen dan Aprilia mendirikan perusahaan bernama Zongshen Piaggion Foshan Motorcycle Enterprise Co., Ltd.

Baca juga: Aprilia GPR 250 Bisa Meluncur di Indonesia

Motor yang diproduksi mulai dari kapasitas mesin 125 cc hingga 250 cc. Kelasnya sendiri mulai dari naked bike, adventure bike, hingga, sport bike.

Aprilia GPR 250 sendiri dibekali dengan mesin satu silinder, DOHC, 4-tak, dan berpendingin cairan. Mesin ini mampu hasilkan tenaga maksimum hingga 26,5 tk pada 9.000 rpm dan torsi mencapai 22 Nm pada 7.500 rpm.

Aprilia GPR 250 meluncur di Chinaindianautosblog.com Aprilia GPR 250 meluncur di China

Dari tampilannya, aura Aprilia cukup kental. Stang model clip on yang menyatu dengan segitiga atas, knalpot model underbelly, dan jok terpisah.

Kesan gagah ditonjolkan di bagian bodinya yang terlihat besar dan kaki-kakinya yang kekar. Jika lihat bagian depannya, sepertinya lampu utama masih mengandalkan bohlam, belum LED.

Bergeser ke bagian sampingnya, rangka utama aluminium juga terlihat besar. Rangka utama ini dikombinasikan dengan subframe atau rangka tambahan di bagian belakang yang sepertinya terbuat dari baja.

Aprilia GPR 250 meluncur di Chinaindianautosblog.com Aprilia GPR 250 meluncur di China

Di bagian suspensi, depannya sudah menggunakan upside down. Sayangnya, tidak diketahui menggunakan merek apa.

Pada bagian belakang, sudah monoshock, tapi tanpa menggunakan link. Bagian yang menonjol tentu swingarm-nya yang sudah seperti moge.

Piringan cakramnya dibekali dengan model floating. Kaliper depannya polos, tidak diketahui menggunakan merek apa.

Namun, untuk bagian belakang menggunakan mengandalkan kaliper dari J.Juan asal Spanyol.

Meski begitu, sistem pengereman sudah dibantu dengan teknologi ABS. Uniknya, untuk selang rem, GPR 250 menggunakan model braided stainless brake line untuk bagian depan dan belakang.

Baca juga: Diler Perdana Buat Moto Guzzi dan Aprilia

Ban depan dan belakang bisa dikatakan cukup lebar, depannya berukuran 100/80-17 dan belakang 130/70-17. GPR 250 menggunakan ban tubeless dari CST.

Bobotnya sendiri cukup ringan, hanya 150 kg dan kapasitas tangki bahan bakarnya mampu menampung hingga 14 liter.

Sayangnya, belum ada keterangan resmi mengenai berapa harga yang akan dibanderol untuk Aprilia GPR 250 tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com