Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat Lagi Pentingnya Pengecekan Radiator Mobil

Kompas.com - 04/10/2019, 11:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Radiator adalah komponen penting pada sistem pendinginan di mobil supaya suhu mesin tetap terjaga dan terhindar dari masalah overheat yang berujung mogok. Jadi sudah sewajarnya bagian ini tak luput untuk selalu dilakukan pengecekan.

Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi, menyatakan, penyebab utama terjadi overheat ialah adanya kebocoran pada sirip radiator atau bagian waterpump mobil. Ini terjadi karena korosi di kisi-kisi radiator.

"Baiknya, pergantian air radiator itu setiap 20.000 kilometer atau jika airnya sudah terlihat keruh karena jarang digunakan. Supaya aman, setiap servis berkala minta lakukan pengecekan kembali saja," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Tips Cara Menyimpan Helm yang Jarang Dipakai

Ilustrasi mengganti air radiatorSHUTTERSTOCK Ilustrasi mengganti air radiator

"Lalu, hindari menggunakan air yang mengandung kotoran dan minyak karena bisa menyebabkan kerak dan karat, sehingga menyumbat lubang yang mengganggu sirkulasinya," ujarnya lagi.

Anjar menyarankan, sebaiknya pengisian air radiator memang menggunakan cairan khusus supaya benar-benar terhindar dari masalah tersebut.

Saat melakukan pengisian cairan radiator sendiri, jangan lupa untuk mematikan mesin dan membiarkannya dingin terlebih dahulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com