Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koleksi VW Karmann Ghia, Hobi Puan Maharani Menurun dari Bung Karno

Kompas.com - 03/10/2019, 09:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comPuan Maharani telah resmi menjabat sebagai Ketua DPR RI periode 2019-2024 pada Selasa (1/10/2019). Sebelum dilantik, ia melaporkan daftar harta kekayaan melalui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Menariknya, dalam laporan itu disebutkan bahwa putri Megawati itu memiliki sejumlah koleksi mobil dan motor. Salah satunya yaitu Volkswagen Karmann Ghia keluaran 1961 yang ditaksir senilai Rp 65 juta.

Hobi Puan mengoleksi mobil klasik disinyalir merupakan turunan dari sang kakek, Presiden pertama Indonesia Soekarno. Sebab ‘Bung Karno’ seperti diketahui juga hobi mengoleksi beberapa mobil klasik, khususnya dari merek VW.

Baca juga: Koleksi Mobil Ketua DPR RI Puan Maharani, Tembus Rp 1,5 Miliar

Volkswagen Karmann Ghia, salah satu mobil klasik yang keberadaannya tergolong langka di Indonesia.Kompas.com/Alsadad Rudi Volkswagen Karmann Ghia, salah satu mobil klasik yang keberadaannya tergolong langka di Indonesia.

“Bung Karno adalah salah satu penggemar VW, dalam banyak kesempatan sering terlihat dia naik VW,” ucap Didit Soedarto, Ketua Harian 1 Volkswagen Indonesia Association kepada Kompas.com (2/10/2019).

“Bahkan salah satu Kodok punya saya, setelah ditelusuri asal usulnya, ternyata bekas Bung Karno,” katanya.

Didit mengatakan, hobi koleksi mobil klasik yang dilakukan Puan bisa jadi menurun dari sang kakek. Sebab mantan presiden Soekarno disebut punya beberapa VW, namun ia tidak bisa memastikan apakah Karmann punya Puan merupakan warisan langsung Bung Karno.

Baca juga: Intip Koleksi Mobil 4 Wakil Ketua DPR Periode 2019-2024

Ilustrasi Volkswagen Karmann Ghiagearpatrol.com Ilustrasi Volkswagen Karmann Ghia

“Bisa jadi, bukan tak mungkin hobi VW-nya menurun ke anak cucu,” ujarnya.

Untuk diketahui dalam gelaran Jambore Nasional VW yang digelar 27-29 September 2019 lalu, dipajang VW Karmann Ghia ex Presiden Soekarno. Mobil itu disebut Didit keluaran tahun 1962 dan dalam kondisi yang sangat prima.

“Karena Pak Karno itu dulu kan punya beberapa VW Beetle dan Karmann, tapi Karmann punya Pak Karno yang setahu saya tahun 1962, enggak tahu juga kalau ada yang lain,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com