Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Peluncuran Smart SIM | Pabrik Nissan di Indonesia Tutup

Kompas.com - 24/09/2019, 06:02 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Informasi mengenai peluncuran Smart Surat Izin Mengemudi (SIM) masih menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Pengemudi mobil dan pengendara sepeda motor ingin tahu kelebihan serta fitur yang ada pada SIM pintar itu.

Selain itu, yang tidak kalah menariknya lagi soal kabar pabrik Nissan di Indonesia tutup. Penasaran, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Senin 23 September 2019.

1. Ini Kelebihan Daftar secara Online Ketika Bikin Smart SIM

Peluncuran SMART SIMdok BRI Peluncuran SMART SIM

Surat izin mengemudi ( SIM) punya arti dan fungsi yang lebih luas bagi pemiliknya, bukan hanya sebagai instrumen wajib sebelum mengemudi.
Terobosan baru dilakukan oleh Polri dalam hal ini Korps Lalu Lintas (Korlantas), dengan menerbitkan Smart SIM.

Terlebih dengan kemunculan Smart SIM, kartu ini telah menjadi alat penting karena mampu menyimpan data pelanggaran hingga bisa dijadikan alat transaksi untuk pembayaran.

Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri mengatakan, SIM adalah bukti legitimasi kompetensi, alat kontrol, dan data forensik kepolisian.

“Khususnya bagi seseorang yang telah lulus uji pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan untuk mengemudikan kendaraan bermotor di jalan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan,” katanya saat peluncuran Smart SIM di Jakarta (22/9/2019).

Baca juga: Ini Kelebihan Daftar secara Online Ketika Bikin Smart SIM

2. Baru Diluncurkan, Begini Tata Cara Membuat Smart SIM

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Refdi Andri, saat mengeluarkan Smart SIM tersebut, ketika ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2019).KOMPAS.com/Devina Halim Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Refdi Andri, saat mengeluarkan Smart SIM tersebut, ketika ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2019).

Smart SIM atau SIM Pintar akhirnya resmi diluncurkan oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. Surat Izin Mengemudi terbaru ini merupakan salah satu terobosan Polri dalam bidang informasi teknologi (IT).

Menurut Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri, Smart SIM merupakan realisasi dari program promoter Kapolri yang menyaratkan terciptanya Polri yang profesional, modern, dan terpercaya terhadap kinerja maupun hasil kerja Polri.

“Smart SIM adalah perpaduan antara perubahan bentuk fisik dan data chip kartu SIM dengan memberdayakan teknologi dan informasi secara terpusat dan terpadu,” katanya saat peluncuran Smart SIM di Jakarta (22/9/2019).

Baca juga: Baru Diluncurkan, Begini Tata Cara Membuat Smart SIM

3. Pabrik Nissan Tutup, Bagaimana Nasih Pegawainya?

Logo Nissan.Nikkei Logo Nissan.

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) akhirnya angkat bicara mengenai kabar penutupan pabrik perakitan Nissan di Tanah Air.

Head of Commnucations PT NMI Hana Maharani, menjelaskan bila kabar tersebut memang benar.

Namun demikian dia menjelaskan bila tak ada lagi yang harus dijelaskan karena hal tersebut merupakan informasi yang sudah lama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com