Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/09/2019, 07:11 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah tiga tahun meluncur keluarga Indonesia, Toyota dan Daihatsu menyegarkan mobil murah hasil kolaborasi mereka, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, di Jakarta, Senin (16/9/2019).

Secara keseluruhan, tampang kedua mobil tujuh penumpang di kelas low cost green car (LCGC) ini menjadi lebih modern. Hal ini dibuktikan dari penyematan lampu LED, ada beberapa penegasan di bagian samping, serta desain gril dan pelek terbaru.

Walau masih tampak mirip, mobil kembar terbaru tersebut sebenarnya punya banyak perbedaan, khususnya pada sektor eksterior. Di mana Calya lebih terlihat sporty sedangkan Sigra menekankan sisi elegan.

Berikut 5 perbedaan eksterior Calya dan Sigra Facelift 2019:

Baca juga: Calya Sigra Facelift Meluncur, Sudah Ada Diskonnya

Daihatsu luncurkan Sigra 2019Gilang Satria/Kompas.com Daihatsu luncurkan Sigra 2019

1. Emblem

Bagian pertama adalah lambang yang dipasangkan pada Calya maupun Sigra. Walau punya tujuan sama, tapi visi dan misi dari kedua mobil tersebut nampaknya memiliki sedikit perbedaan, terlihat dari identitas yang diberikannya tersebut.

Toyota menyematkan lambang garuda pada Calya, untuk menandakan mobil tersebut adalah LCGC. Sedangkan Sigra menggunakan emblem S yang ukurannya sedikit lebih besar daripada Calya.

Tampang depan Toyota Calya dan Daihatsu SigraKOMPAS.com/Ruly Tampang depan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

2. Gril

Wajah pada Calya terbaru kini dibuat lebih sporty dengan penyematan gril yang menyerupai Toyota Avanza, begitu pun bempernya. Bentuk gril ini seperti mengalir dari atas ke bawah.

Sedangkan Sigra, tampil lebih elegan dengan penggunaan gril yang melebar seperti huruf 'H'. Bempernya pun dibuat tegas, mengikuti tarikan gril tersebut.

Lalu, demi menambah kesan agresif, Toyota membenamkan lebih banyak warna gelap di bagian wajah Calya. Sementara Sigra memiliki warna krom yang lebih banyak.

Toyota Calya Facelift 2019 Toyota Calya Facelift 2019

3. Lampu-lampu

Tatanan lampu utama pada Calya maupun Sigra begitu mirip. Keduanya telah menggunakan model bertumpuk di mana posisi lampu sein di bawah lampu utama yang kini sudah LED.

Tapi jika dilihat secara detail, desain rumah lampu kabut pada kedua mobil tersebut sangat berbeda.

Calya berbentuk segitiga yang memanjang ke lampu utama sedangkan Sigra berbentuk segitiga siku-siku terbalik dan melebar ke bagian gril.

Baca juga: Komunitas Puas dengan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Terbaru

Daihatsu Sigra facelift meluncur dengan membawa beberapa perubahan. KOMPAS.com/Gilang Daihatsu Sigra facelift meluncur dengan membawa beberapa perubahan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com