Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Koleksi Mobil dan Motor BJ Habibie | Harga MPV Murah Renault Triber

Kompas.com - 13/09/2019, 06:02 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - BJ Habibie punya hobi di dunia otomotif. Koleksi mobil dan sepeda motor Presiden ketiga Republik Indonesia (RI) ini begitu banyak, dan didominasi oleh model-model antik dan langka.

Bahkan beliau memiliki Mercedes-Benz yang benar-benar langka, dan sempat dikira pesawat UVO oleh masyarakat ketika itu.

Selain itu, Renault pun akhirnya mau buka suara mengenai harga dari MPV murahnya Triber. Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Kamis 12 September 2019:

1. Cerita Habibie dan Mercy Langka yang Sempat Dikira UFO

Mercedes Benz 300 SLFoto: Hagerty.com Mercedes Benz 300 SL

Indonesia sedang berduka setelah baru saja kehilangan salah satu putra terbaik, BJ Habibie. Presiden ke-3 RI itu dikenal amat dekat dengan pesawat terbang, tapi Habibie juga ternyata punya hobi di dunia otomotif.

Seperti dilansir Gridoto.com, Habibie punya sederet mobil antik dan langka. Salah satunya yang bisa dikatakan sudah sangat jarang ditemui adalah Mercedes-Benz 300 SL Coupe lansiran 1954 hingga 1957.

Mobil ini diketahui sangat istimewa dan jadi incaran kolektor mobil antik dunia. Bentuknya yang aerodinamis dengan pintu yang dibuka ke atas seakan mendobrak teknologi di eranya. Bentuk pintu inilah yang membuat Mercedes-Benz 300 SL Coupe ini disebut Gullwing.

Baca juga: Cerita Habibie dan Mercy Langka yang Sempat Dikira UFO

2. Maleo, Calon Mobil Nasional Garapan BJ Habibie

Maleo, mobil nasional gagasan BJ Habibie yang tak pernah diproduksi.Sumber Foto: goodnewsfromindonesia.id Maleo, mobil nasional gagasan BJ Habibie yang tak pernah diproduksi.

Mantan Presiden Republik Indonesia ketiga Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie menghembuskan nafas terakhir di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, pada Rabu 11 September 2019 pukul 18.03 WIB.

Semasa hidup, mantan Menristek zaman Orde Baru itu berhasil membuat beberapa terobosan di bidang teknologi dan otomotif. Salah satunya dengan menggagas mobil nasional atau mobnas bernama Maleo.

Nama Maleo diambil dari burung endemik asal Sulawesi. Mobil ini mulai dirintis pada 1993 oleh Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN), dan mulai serius dikembangkan pada 1996.

Baca juga: Maleo, Calon Mobil Nasional Garapan BJ Habibie

3. Intip Koleksi Mobil Klasik Presiden Ketiga RI BJ Habibie

Mercedes Benz 300 SLFoto: Barret-Jackson Mercedes Benz 300 SL

Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie menghembuskan nafas terakhir pada Rabu (11/9/2019) pukul 18.03 WIB di RSPAD Gatot Soebroto. Presiden Republik Indonesia ketiga itu meninggal dunia karena sudah berusia tua dan sejumlah organ dalam tubuhnya mengalami degenerasi.

Kepergian BJ Habibie itu meninggalkan duka bagi masyarakat Indonesia. Sebab, beliau merupakan sosok yang baik dan pintar di mata semua orang.

Selain dikenal ramah, ternyata BJ Habibie juga memiliki ketertarikan atau hobi di bidang otomotif. Pria kelahiran Parepare 25 Juni 1936 itu ternyata seorang kolektor otomotif terutama mobil.

Baca juga: Intip Koleksi Mobil Klasik Presiden Ketiga RI BJ Habibie

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com