Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Jaga Stamina Naik Motor ala Crosser AHRT

Kompas.com - 30/07/2019, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjaga stamina sangat diperlukan untuk balapan. Apalagi balapan dengan motocross yang benar-benar menuntut fisik yang maksimal.

Delvintor Alfarizi, kroser Astra Honda Racing Team (AHRT), turut berbagi persiapannya sebelum balapan dalam menjaga staminanya. Baik itu latihan fisik, maupun asupan yang ia konsumsi sehari-harinya.

Baca juga: Mengenal Delvintor Adel Alfarizi, Pebalap Muda MXGP

Menurut crosser yang akrab disapa Adel ini, melakukan latihan fisik yang menuntut ketahanan, seperti lari atau naik sepeda sangat baik untuk menjaga stamina. Olahraga ini juga dilakukan Adel setiap hari.

"Untuk sepeda, biasanya jarak setiap latihan itu bisa 50 km, 70 km, atau 100 km. Kalau untuk fitness atau gym, paling sedikit saja porsinya," ujar Adel, kepada Kompas.com, di sela-sela perhelatan MXGP 2019 di Palembang, beberapa waktu lalu.

Adel menambahkan, sewaktu berusia tujuh tahun, latihan fisik yang ia lakukan adalah lari selama 10 menit. Jarak yang ditempuh adalah sejauh-jauhnya. Kegiatan ini dilakukan setiap jam 12 siang.

Baca juga: AHRT Turunkan Pebalap asal Karawang di MXGP 2019

Muhammad Delvintor Alfarizi sedang menerabas salah satu rintangan atau handicap pada kejuaraan motokros dunia MXGP kelas MX2 atau 250 cc, di Sirkuit BSB Mijen, Semarang, Minggu (14/7/2019)KOMPAS.com/Mikhael Gewati Muhammad Delvintor Alfarizi sedang menerabas salah satu rintangan atau handicap pada kejuaraan motokros dunia MXGP kelas MX2 atau 250 cc, di Sirkuit BSB Mijen, Semarang, Minggu (14/7/2019)

Sementara untuk makanan, Adel sangat menghindari makanan yang berminyak dan juga daging merah, seperti daging sapi dan lainnya. Semua yang ia makan sudah diatur besaran kalorinya.

"Selain makanan, yang saya atur adalah jam istirahat, saya tidak begadang. Tidur paling larut itu jam 11 malam. Biasanya, jam 9 malam atau jam 10 malam, lalu bangun jam 5 pagi. Tepat jam 05.30, saya langsung mulai latihan fisik, lari atau naik sepeda," kata Adel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com