Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Polisi Tertibkan Pelat Nomor | Mobil Murah Toyota

Kompas.com - 30/07/2019, 06:02 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Ditlantas Polda Metro Jaya mulai serius menertibkan pelat nomor kendaraan yang dibikin di pinggir jalan. Langkah ini diambil setelah sistem tilang elektronik menangkap pemilik mobil menggandakan pelat nomor untuk mengakali ganjil-genap.

Selain itu, informasi mengenai mobil murah Toyota juga ikut menjadi perhatian masyarakat. Terakhir, ternyata Avanza masih menjadi model terlaris Toyota di pameran otomotif GIIAS 2019.

Penasaran, berikut ini lima berita terpopuler di kanal Otomotif pada Senin 29 Juli 2019:

1. Dua Merek Otomotif Baru Ingin Masuk Indonesia

Taksi listrik BYD E6 Taksi listrik BYD E6

Indonesia masih menjadi tempat yang potensial untuk industri otomotif. Hal ini dapat dibuktikan dari banyaknya produsen otomotif yang berkomitmen menanamkan investasinya di tanah air.

Dalam waktu dekat, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo) mencatat akan ada dua merek baru yang masuk ke Indonesia, yakni Hyundai dan BYD.

Baca juga: Dua Merek Otomotif Baru Ingin Masuk Indonesia

2. Polisi Akan Tertibkan Pembuat Pelat Nomor di Pinggir Jalan

Petugas Ditlantas Polda Metro Jaya memberhentikan mobil berpelat nomor genap yang memasuki Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (1/8/2018). Petugas kepolisian mulai memberlakukan penindakan berupa tilang terhadap pengendara mobil yang melanggar di kawasan perluasan sistem ganjil-genap.ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A Petugas Ditlantas Polda Metro Jaya memberhentikan mobil berpelat nomor genap yang memasuki Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (1/8/2018). Petugas kepolisian mulai memberlakukan penindakan berupa tilang terhadap pengendara mobil yang melanggar di kawasan perluasan sistem ganjil-genap.

Ditlantas Polda Metro Jaya berencana untuk menertibkan para pembuat pelat nomor kendaraan yang berada di pinggir jalan. Alasan utama, banyak disalahgunakan oleh pemilik mobil untuk menghindar atau mengakali aturan ganjil-genap di sejumlah jalan di DKI Jakarta.

Informasi itu disampaikan langsung oleh Kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Arif Fazrulrahman. Menurut dia, membuat pelat nomor di pinggir jalan itu tidak resmi.

Baca juga: Polisi Akan Tertibkan Pembuat Pelat Nomor Kendaraan di Pinggir Jalan

3. Viral, Pelat Nomor Palsu Terekam Kamera E-TLE

Pantauan penggunaan e-TLE dengan fitur baru di kawasan Sudirman Thamrin Senin (1/7/2019)Kompas.com/Setyo Adi Pantauan penggunaan e-TLE dengan fitur baru di kawasan Sudirman Thamrin Senin (1/7/2019)

Cerita masyarakat menjadi viral di media sosial Twitter mengenai E-TLE. Seorang pemilik mobil bernama Radityo Utomo (@rdtyou) melaporkan pengalamannya dengan E-TLE.

Cerita bermula saat Radtiyo mendapatkan surat konfirmasi E-TLE untuk pelanggaran sabuk pengaman dengan nomor polisi B 1826 UOR. Nomor tersebut merupakan nomor pelat kendaraannya yakni Yaris 2012.

Baca juga: Viral, Pelat Nomor Palsu Terekam Kamera E-TLE

4. Jawaban Toyota Tentang Fenomena Mobil Murah

Toyota Agya di IIMS 2018KOMPAS.com / Aditya Maulana Toyota Agya di IIMS 2018

Dewasa ini, beberapa produsen otomotif di Indonesia nampak berlomba-lomba menghadirkan mobil berharga murah. Bukan mobil golongan Low Cost Green Car ( LCGC), namun yang ditawarkan adalah mobil keluarga atau Low Multi Purpose Vehicle ( LMPV).

Fenomena yang diprakarsai oleh produsen otomotif asal China, Wuling Motors ini tidak membutuhkan waktu lama untuk melihat hasilnya. Mobil murah langsung menjadi serbuan warga Indonesia.

Baca juga: Jawaban Toyota Tentang Fenomena Mobil Murah

5. Avanza Masih Jadi Primadona, Terlaris di GIIAS 2019

Toyota Avanza ModifikasiKOMPAS.com/Setyo Toyota Avanza Modifikasi

Selama pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, PT Toyota Astra Motor (TAM) sukses menuai ribuan surat pemesanan kendaraan (SPK). Total hingga hari terakhir, Minggu 928/7/2019), jumlah pesanan yang dikantongi mencapai 6.128 unit.

"Sampai berakhir GIIAS 2019 total SPK 11 hari mencapai 6.128 unit kendaraan.

Avanza masih yang mendominasi penjualan Toyota," ucap Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto, saat dihubungi Kompas.com, Senin (29/7/2019).

Baca juga: Avanza Masih Jadi Primadona, Terlaris di GIIAS 2019

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com