Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Fitur Perintah Suara Wuling Almaz Bisa Bahasa Indonesia

Kompas.com - 22/07/2019, 18:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling memperkenalkan fitur WIND (Wuling Indonesia Command) atau perintah suara dalam bahasa Indonesia pada model Almaz.

Fitur ini menarik karena menjadi satu-satunya perintah suara dengan bahasa Indonesia, berbeda dengan produk otomotif lain yang harus menggunakan perintah bahasa Inggris.

Menarik untuk menyimak, bagaimana Wuling mempersiapkan teknologi ini mengingat usia yang terbilang muda di Indonesia. Product Planning Wuling Motors Indonesia, Danang Wiratmoko menjelaskan bahwa pengembangan fitur ini sudah dilakukan dengan Wuling pusat di China.

"Pengembangannya dilakukan bersama dengan pihak Wuling pusat. Teknologi ini memang teknologi yang terus berkembang dan di Wuling pusat mereka punya pengalaman dalam mengembangkan teknologi ini," ucap Danang saat ditemui beberapa waktu lalu.

Danang menjelaskan, teknologi ini di Indonesia memang baru pertama kali dikenalkan. Wuling Indonesia sendiri terus memberikan input terkait pengembangan fitur WIND tersebut di masyarakat.

Baca juga: Beda Teknologi Perintah Suara Wuling dan DFSK

Wuling Almaz hadir dengan fitur WInd di GIIAS 2019Kompas.com / Setyo Adi Wuling Almaz hadir dengan fitur WInd di GIIAS 2019

Fitur WIND dipastikan memang dikembangkan untuk disematkan pada model Almaz. Untuk pasar Indonesia, beragam perintah dalam bahasa Indonesia disematkan sesuai riset pasar.

Brand Manager Wuling Motor Indonesia, Dian Asmahani mengungkapkan pengembangan WIND sejalan dengan rencana perkenalan Almaz ke Indonesia. Soal persiapan teknologi, mengingat di pusat Wuling sudah memiliki teknologi ini maka tinggal diadaptasi untuk Indonesia.

"Yang jelas kalau dari Wuling sendiri berkomitmen sebisa mungkin dan secepat mungkin teknologi yang dikembangkan oleh Wuling pusat bisa dibawa ke Indonesia ketika itu memang sesuai pasar Indonesia," ucap Dian.

Kembaran Almaz di India, MG Hector juga memiliki fitur ini sebagai standar. Di Indonesia, WIND hadir di semua varian Almaz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com