Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekarang Bisa Servis Mobil Sendiri di Bengkel BMW

Kompas.com - 16/07/2019, 20:02 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - BMW Astra, diler resmi BMW di Indonesia membuat terobosan di bidang layanan purna jual dengan memperkenalkan "Joy Experience.'' Lewat layanan ini pemilik BMW alias Bimmers bisa lebih mengenal mobil kesayangannya.

Joy Experience memungkinkan pemilik mobil melakukan perawatan di bengkel BMW Astra dengan tangan mereka sendiri. Pemilik akan didampingi oleh teknisi BMW yang memiliki sertifikat untuk bersama-sama mengerjakan mobil.

Baca juga: Maling Kesulitan Bobol Motor yang Dikunci Setang ke Kanan

Fredy Handjaja, Kepala Eksekutif BMW Astra, mengatakan, sebelum meluncurkan Joy Experience, BMW Astra telah melakukan berbagai survei mengenai kepuasan pelanggan. Salah satu rumusannya yaitu konsumen ingin lebih mengenal mobil mereka.

BMW Astra Joy ExperienceKOMPAS.com/Gilang BMW Astra Joy Experience

"Joy Experience ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia bahkan mungkin di dunia. Kami berharap ini menjadi sarana penyaluran hobi dan edukasi agar pelanggan BMW bisa melakukan perawatan dan memastikan mobilnya dalam keadaan prima," kata Fredy di Tangerang, Selasa (16/7/2019).

Budi Kurniawan, Manager Layanan Purna Jual BMW Astra, mengatakan, pada dasarnya pemilik mobil bisa melakukan jenis pekerjaan apapaun di Joy Experience. Namun dengan syarat, hal tersebut mendapat mentoring dari teknisi.

"Mungkin hanya satu yang tidak bisa dilakukan sendiri oleh pemilik yaitu jika ada masalah di kelistrikan. Sebab teknisi BMW saja tidak semuanya punya sertifikasi kelistrikan, jadi memang khusus. Kalau untuk model kita tidak batasi, dari BMW tahun tua sampai baru bisa," katanya.

BMW Astra Joy ExperienceBMW Astra Joy Experience BMW Astra Joy Experience

Baca juga: Pengajuan Kredit Mobil Murah Diklaim Tidak Sulit

Menariknya, pemilik yang memakai layanan Joy Experience akan mendapat beberapa keuntungan. Salah satunya yaitu potongan jasa servis bengkel. Sebab bagaimanapun, pemilik punya andil dalam mengerjakan mobil.

"Ada potongan jasa, berapa persentase paling besar kita akan diskon sampai 50 persen. Sebab kita sudah pikirkan tidak bisa kita samakan jasa antara unit lama dengan unit baru, seperti E36 dan E30. Meski sama-sama Seri-3, tapi berbeda," kata Budi.

Layanan Joy Experience ini berlaku untuk seluruh diler BMW Astra yang saat ini berjumlah delapan diler, empat di antaranya ada di wilayah Jakarta, sedangkan sisanya tersebar di Semarang, Surabaya, Bali dan Makassar.

"Saat ke area bengkel pemilik bisa cuma lihat atau ikut mengerjakan mobil. Nantinya pemilik akan memakai jaket khusus, dan peralatan tambahan. Jaket yang digunakan juga akan langsung dicuci tiap habis dipakai, jadi jangan takut," kata Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com