Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nahkoda Baru Divisi Motorsport Astra Honda Motor

Kompas.com - 16/07/2019, 07:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Rizky Christanto resmi menggantikan Anggono Iriawan sebagai Manajer Motorsport Division PT Astra Honda Motor (AHM), dan menjadi "nahkoda" baru bagi Astra Honda Racing Team (AHRT).

Adapun Anggono Iriawan akan melanjutkan karirnya bersama Honda Racing Corporation (HRC) Jepang. Sukesi dari Anggono kepada Rizky ini resmi berlangsung pada 1 Juli 2019.

Rizky Christanto sebetulnya bukan nama baru di divisi balap. Jabatan terakhirnya yaitu Community Development Departement Head PT AHM. Namun jauh sebelum itu, Rizky sudah pernah berada di divisi motorsport.

Baca juga: Cara Honda Tingkatkan Kualitas Pendidikan Vokasi

"Pastinya saya akan meneruskan program-programnya Pak Anggono, karena saat ini sudah berada di tengah jalan, kita akan coba teruskan program yang sudah baik," kata Rizky yang ditemui di paddock AHRT, di saat gelaran MX2 Semarang 2019.

Gerry Salim masih belum bisa menyumbang poin pada race 2 FIM CEV Repsol 2018 seri keenamAHM Gerry Salim masih belum bisa menyumbang poin pada race 2 FIM CEV Repsol 2018 seri keenam

Rizky mengatakan penjenjangan pebalap binaan AHRT yang sudah ada akan terus dilanjutkan Termasuk juga berusaha mencetak bibit-bibit pebalap nasional berkualitas lewat Astra Honda Racing School (AHRS).

Di balap road race, penjenjangan AHRT dimulai dari Thailand Talent Cup, Asia Talent Cup, Asia Road Racing Championship (ARRC), CEV International Championship, bahkan punya andil mengorbitkan pebalap hingga tingkat dunia Grand Prix kelas Moto2 dan Moto3.

Baca juga: BMW X7 The President Resmi Meluncur di Indonesia

Delvintor AlfariziFoto: Memed Adhikresna Delvintor Alfarizi

Tahun ini, AHRT melebarkan sayapnya ke balap tanah alias motocross dengan pebalapnya Delvintor Alfarizi. Adel, panggilan Delvintor bahkan ikut wildcard di MXGP kelas MX2 Indonesia di seri Palembang dan Semarang 2019.

"Kita akan turun di kejurnas Motocross dengan target Delvintor bisa menjadi juara nasional motocross," kata Rizky.

Pisah dengan Safety Riding

Tahun ini divisi Motorsport and Safety Riding AHM yang sebelumnya menjadi satu, dipisah. Rizky akan fokus untuk mengelola divisi motorsport supaya tidak tumpang tindih dengan kegiatan safety riding.

"Dipisah karena saat ini semuanya sudah makin besar. Motorsport juga makin besar. Selain itu juga ada perbedaan, di motorsport itu mengenai gas pol, sementara di safety riding diajarkan bagaimana mengerem," kata Rizky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com