Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membandingkan Harga Renault Triber dengan MPV Murah Lainnya

Kompas.com - 12/07/2019, 07:22 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Renault Triber akan masuk dalam segmen MPV murah di pasar otomotif nasional. Apabila melihat dari sisi spesifikasi, maka model ini lebih cocok bersaing dengan Toyota Calya, Daihatsu Sigra, dan Datsun GO+ Panca.

Lantas, bagaimana dari sisi harga? Apabila merujuk pada masing-masing situs resmi Toyota, Daihatsu, dan Datsun, sepertinya Triber bukan menjadi yang paling murah.

Banderol resmi MPV Renault yang dibawa dari India itu memang belum terungkap, karena PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) akan mengumumkan pada saat peluncuran, yaitu di GIIAS 2019 atau pekan depan.

Namun, berdasarkan pantauan Kompas.com yang berbincang-bincang dengan tenaga penjual diler Renault, estimasi sekitar 170 jutaan hingga Rp 180 jutaan.

Baca juga: Berapa Perkiraan Harga MPV Murah Triber?

Apabila harganya benar di antara itu, maka MPV murah Renault ini tidak akan menjadi yang paling murah jika dibandingkan dengan rivalnya.

Toyota Calya dipamerkan saat acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, Sabtu (19/8/2017). Menjelang penutupan GIIAS stan Toyota memberikan potongan harga hingga lima juta rupiah.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Toyota Calya dipamerkan saat acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, Sabtu (19/8/2017). Menjelang penutupan GIIAS stan Toyota memberikan potongan harga hingga lima juta rupiah.

Sebab, mengacu pada situs resmi masing-masing merek yang menjadi pesaing Triber, seperti Calya dijual termurah Rp 138.850.000 hingga termahal Rp 156.400.000, selanjutnya GO+ Panca dari Rp 115.570.000 sampai Rp 152.410.000, dan Sigra mulai Rp 114.000.000 hingga Rp 154.750.000 on the road DKI Jakarta dan sekitarnya.

Baca juga: MPV Murah Renault Triber Sudah Mendarat di Indonesia

Perbedaan harga itu sudah jelas dipengaruhi oleh beberapa faktor. Paling utama, para rival Triber berada di segmen low cost green car (LCGC) yang mendapatkan keringanan pajak dari pemerintah.

Sementara Renault Triber tidak bisa masuk segmen itu karena tidak bisa memenuhi persyaratannya, yaitu paling utama model yang berada di kelas LCGC harus dirakit atau diproduksi di Indonesia, serta memiliki kandungan lokal yang cukup tinggi.

Triber sendiri akan diimpor utuh dari India. Jadi, bagaimana menurut pendapat Anda mengenai MPV murah Renault ini?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com