Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Mobil Andalan Masa Depan Toyota di GIIAS 2019

Kompas.com - 09/07/2019, 17:02 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota akan memajang tiga mobil hibrid di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Toyota berharap tiga mobil ini akan menambah khasanah mengenai teknologi otomotif Tanah Air.

Tiga mobil listrik tersebut antara lain yaitu mobil balap Toyota TS505 Hybrid yang digunakan di ajang FIA World Endurance Championship (WEC), Toyota Prius PHEV GR Sport, dan mobil konsep Toyota Fine Comfort Ride (F-CR).

Toyota TS505 Foto: AutomobilesReview Toyota TS505

Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, GIIAS 2019 merupakan ajang Toyota untuk meningkatkan kepedulian masyarakat Indonesia akan teknologi elektrifikasi otomotif.

Baca juga: Jajal Performa "Singa Perancis" 5008 di Tanah Merah

"Melalui berbagai mobil yang ditampilkan kami berharap masyarakat akan semakin mengenal teknologi elektrifikasi dan manfaatnya. Sehingga harapannya dalam jangka panjang dapat memperbesar pasar teknologi ini di Indonesia," kata Henry di Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Direktur Pemasaran TAM, Anton Jimmi, menambahkan, pemilihan tiga model ini tidak sembarangan. Sebab ketiganya mewakili semangat teknologi yang berbeda dari pengertian mobil hibrid di pasar saat ini.

Toyota Prius PHEV GR SportFoto: en.wheelsage.org Toyota Prius PHEV GR Sport

"Saat ini jika bicara mobil hibrid masih berkutat pada efisiensi bahan bakar. Namun dengan adanya mobil-mobil ini kami tunjukkan bahwa teknologi hibrid juga semakin maju bahkan bisa untuk mobil balap," kata Anton.

Baca juga: Bersihkan Evoporator AC Mobil Pakai Teknik Semprot

Toyota TS505 Hybrid contohnya, merupakan mobil balap bertenaga hibrid di ajang FIA World Endurance Championship (WEC). Raihannya cukup berhasil dengan mempertahankan gelar juara di ajang WEC 2019.

Toyota F-CRFoto: Istimewa Toyota F-CR

Adapun Toyota Prius PHEV GR Sport merupakan mobil hibrid hasil racikan divisi balap Toyota yaitu Gazzo Racing yang telah dipasarkan di Jepang. Hasilnya meski digunakan untuk irit-iritan, namun eksteriornya bertampang sporti.

Sedangkan Toyota F-CR memamerkan teknologi Fuel Cell (FCEV) dengan bahan bakar hidrogen yang diklaim sebagai mobil paling ramah lingkungan. Mampu menembus jarak 700 km sekali pengisian bahan bakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com