Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Fitur "Overdrive" di Mobil Matik

Kompas.com - 29/06/2019, 08:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa mobil transmisi otomatis konvensional umumnya dilengkapi dengan fitur overdrive (O/D). Fitur ini bisa diaktifkan dengan menekan tombol yang terdapat pada bagian samping kanan tuas transmisi.

Sayangnya masih banyak pemilik mobil yang sampai saat tidak mengerti dan paham fungsi nya. Bahkan tidak jarang ada juga yang tidak menggunakan atau salah dalam menerapkannya.

Menurut Kepala Servis Nasional Roda Dua dan Empat Suzuki Indomobil Sales (SIS) Ricky Patrayudha, tombol overdrive berfungsi untuk memindahkan rasio gigi kecil saat mobil melaju.

Baca juga: Buat Newbie Mobil Matik, Pilih Transmisi Model Zig-zag

"Fungsi paling utama adalah untuk membantu pengereman atau menciptakan momen  saat mobil melaju kencang. Overdrive ini bisa diaktifkan saat laju mobil sudah mencapai gigi paling akhir (top gear)," ujar Ricky saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (28/6/2019).

Ricky menjelaskan, pada saat mobil melaju di posisi top gear dan membutuhan daya deselerasi, overdrive bisa digunakan untuk membantu pengereman. Cara penggunaanya cukup dengan mengaktifkan dengan menekan tombol pada tuas transmisi.

Tombol Overdrive di tuas transmisi Mitsubishi Xpander Tombol Overdrive di tuas transmisi Mitsubishi Xpander

Mekanisme overdrive adalah memindahkan transmisi ke gigi rendah, dan selama diaktifkan maka posisi transmisi tidak akan beranjak naik. Hal ini lantaran adanya sistem yang memberikan perintah untuk menahan transmisi pada posisi yang lebih rendah.

Selain membantu pengeraman, menurut Ricky, kegunaan lain dari fitur tersebut juga bisa berfungsi untuk mendapatkan torsi yang lebih padat saat akan menyalip kendaraan dan menahan laju mobil ketika melintasi turunan curam.

Baca juga: Begini Cara Dorong Mobil Matik yang Benar

"Umumnya mobil matik konvensional itu empat percepatan, contoh seperti Suzuki Ertiga. Saat overdrive diaktifkan makan akan mempertahankan transmisi di posisi ketiga, tidak akan lompat langsung kedua. Setelah tidak dibutuhkan jangan lupa untuk mematikan, karena bila tidak transmisi akan terus tertahan," ucap Ricky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com