Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Kasih Sinyal Mobil Hybrid Penumpang di GIIAS 2019

Kompas.com - 13/06/2019, 13:32 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Astra Motor (TAM), tengah bersiap untuk meluncurkan salah satu produk terbarunya dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang akan berlangsung pertengahan Juli 2019 mendatang.

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya oleh Executive General Manager Fransiscus Soerjopranoto, mobil yang bakal diluncurkan bukan mobil konvensional, melainkan berteknologi hibrida. Sayangnya, ketika ditanya mengenai jenis mobilnya sendiri, hingga saat ini Toyota masih menutup rapat keran informasi tersebut.

Pria yang akrab disapa Soerjo tersebut, hanya mengatakan bila peluncuran mobil hibrida saat GIIAS nanti merupakan langkah meneruskan pengenalan dan edukasi ke masyarakat. Seperti diketahui, Toyota telah melakukan sosialisasi teknologi hibrida sejak 2007 lalu.

Baca juga: Toyota Mau Luncurkan Mobil Hybrid Baru di Indonesia

"Sebagai upaya untuk lebih mengedukasi ke masyarakat, seiring dengan itu produk baru hybrid akan kami terus perkenalkan di Indonesia," kata Soerjo kepada Kompas.com, Kamis (13/6/2019).

Saat ditanya apa mobil hibrida yang bakal dimasukan ke Indonesia, Soerjo enggan untuk membeberkan secara detail. Namun dia mengungkapkan bila jenisnya merupakan mobil yang sudah umum, yakni passenger car.

Toyota baru saja meluncurkan generasi terbaru Auris di Geneva Motor Show 2018, berteknologi hibrida. CARSCOOPS Toyota baru saja meluncurkan generasi terbaru Auris di Geneva Motor Show 2018, berteknologi hibrida.

Menurut Soerjo, mobil berteknologi hybrid merupakan langkah yang tepat untuk pasar Indonesia sebelum akhirnya beralih ke mobil listrik. Hal ini didasari ragam pertimbangan, mulai dari kesiapan penerimaan masyarakat sampai soal sarana atau infrastrukturnya.

"Seperti yang pernah kami bicarakan, hybrid ini bisa diibaratkan sebagai jembatan sebelum ke mobil listrik. Di negara maju lain, juga tidak ada yang langsung mobil listrik, semuanya bertahap dengan hybrid dulu. Untuk yang akan kami perkenalkan nanti, khususnya kendaraan penumpang seperti sedan, MPV, atau SUV di Indonesia," ucap Soerjo.

Sampai sekarang memang belum jelas unit hybrid apa yang bakal diluncurkan Toyota saat GIIAS nanti. Tapi bila melihat dari ucapan Soerjo mengenai mobil penumpang, kemungkinan bisa saja generasi baru Prius Hybrid, atau bahkan Sienta Hybrid yang dulu sempat ramai diperbincangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com