Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Tanda Awal Letih dan Kantuk saat Mengemudi

Kompas.com - 31/05/2019, 04:02 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Letih dan kantuk adalah musuh ketika mengemudi karena bisa berakibat fatal. Namun rupanya tak sedikit yang masih kurang memahami tanda-tanda awal letih dan mengantuk saat berkendara.

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, tanda-tanda awal kelelahan dan mengantuk ketika berkendara yaitu saat otak sudah mulai tidak terstimuli terhadap apa yang dilihatnya.

Baca juga: Tips Mudik dari Kakorlantas Polri

"Stimuli yaitu membaca apa yang dia lihat. Misalkan kita sedang mengemudi, kita lihat orang di pinggir jalan, kita langsung antisipasi kalau dia mau menyebrang atau apa, itu tandanya otak terstimuli. Atau kita lihat bus sedang menyusul, kita langsung antisipatif, itu tandanya otak terstimuli, sedangkan kalau kita lelah dan kantuk, tidak bisa," kata Jusri kepada Kompas.com.

Karena itu lanjut Jusri, jika mulai terasa tanda-tanda awal keletihan atau mengantuk segera berhenti di tempat aman atau tempat istirahat. Atau jika dalam keadaan yang darurat, sebaiknya bergantian mengemudi dengan rekan seperjalanan.

 Baca juga: 5 Tips Berkendara di Bulan Puasa Menurut Instruktur Keselamatan

"Jika sudah terasa ada tanda-tanda letih segara berhenti di tempat aman. Tapi karena itu, otak itu harus distimuli terus. Bisa dengan mendengarkan usik, mengobrol ringan dan melatih tindakan antisipatif di dalam otak kita," katanya.

Jusri mengatakan, ketika mudik pastikan perjalanan tidak lebih dari 10 jam. Kalau mau meneruskan perjalanan sebaiknya punya pengemudi cadangan. Menginap di kota tertentu, dan meneruskan lagi perjalanansetelah 6-7 jam tidur beristirahat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com