Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Tohir: Sirkuit Mandalika Bisa buat Balapan F1

Kompas.com - 28/05/2019, 13:23 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah resmi menjadi tuan rumah MotoGP 2021, Indonesia kini menjajaki kemungkinan menyelenggarakan balap Formula 1. Sesuai arahan Presiden Jokowi yang ingin meningkatkan citra Indonesia di mata dunia.

Selain meningkatkan country branding, penjajakan menyelenggarakan F1 di Mandalika, Lombok, NTB, juga merupakan upaya Indonesia untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Baca juga: ITDC Siap Bertemu dengan Penyelengara F1

Erick Thohir, Ketua Komite Olimpiade Indonesia dan kandidat anggota International Olympic Committe (IOC) dalam rangka nominasi Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 mengatakan, Sirkuit Mandalika bisa digunakan tak hanya balapan motor saja.

"Kita melihat trek yang sedang dibangun di Mandalika ini juga bisa dimanfaatkan untuk arena balapan mobil, di mana tidak ada pemborosan. Balapan F1 bisa dilakukan ataupun kendaraan balap mobil yang lain," kata Erick dalam keterangannya.

Erick mengatakan, Indonesia punya peluang untuk menyelenggarakan dua ajang balap paling prestisius di dunia sekaligus. Jika itu terjadi, maka merupakan kesempatan emas bagi Indonesia untuk meningkatkan sektor pariwisata.

Baca juga: Prediksi Wujud Sirkuit Mandalika untuk MotoGP

"Kita melihat kesempatan ini tidak hanya sebagai penyelenggara, tetapi bagaimana juga kita kaitkan dengan investasi ke depan, investasi tourism. Kita tahu Indonesia tidak hanya menjajaki halal tourism, tapi juga menjajaki menjadi negara yang tidak kalah bersaing dengan negara-negara tetangga seperti Thailand dan Malaysia dalam menjual sport tourism ataupun kebudayaan," katanya.

Menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) akan segera melakukan pembicaraan dengan pemilik lisensi Formula 1, Liberty Media, untuk menjajaki kemungkinan menyelenggarakan F1 di Mandalika.

"Menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi maka akan dilakukan pembicaraan dengan pemilik lisensi F1," kata Abdulbar M. Mansoer, Direktur Utama ITDC, kepada Kompas.com, Senin (27/5/2019).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com