Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Nikmati Peningkatan Pasar Sepeda Motor Kuartal Pertama

Kompas.com - 21/05/2019, 14:22 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen roda empat sudah mengungkapkan penurunan pasar pada periode Januari-April tahun ini. Penurunannya bahkan dikatakan sekitar 13 persen.

Namun kondisi berbeda dihadapi produsen roda dua. Honda sebagai pemimpin pasar justru melaporkan peningkatan penjualan mereka di periode yang sama.

“Kalau Honda melihat empat bulan ini jualan kita tumbuh 13 persen, wholesale. Kita tumbuh dari 1,5 juta unit menjadi lebih 1,7 juta unit,” ucap Direktur Permasaran PT Astra Honda Motor (AHM), Thomas Wijaya saat ditemui di Jakarta, Senin (20/5/2019).

Menurut Thomas, tahun ini ada pertumbuhan pasar ditambah dengan momentum Lebaran. Ia memperkirakan hasil penjualan selama satu tahun ini tidak akan berbeda dengan raihan tahun lalu.

Baca juga: Lorenzo Nilai Honda RCV Tidak Ramah Pebalap

“Untuk total pasar, akhir tahun sekiranya sama dengan tahun lalu sekitar 6 juta sampai 6,3 juta unit. Kita sendiri kurang lebih sama, sekitar 4,5 juta unit sampai 4,7 juta unit,” ungkap Thomas.

Jika kondisi politik tahun ini mempengaruhi pasar roda empat, Thomas mengungkapkan pada April dan Mei justru melihat ada pergerakan positif. Menurutnya ini dampak dari panen perkebunan yang sudah ada hasil di akhir April dan Mei.

“Kedua ada kebutuhan sebelum Lebaran. Lalu ketiga ada dampak positif kenaikan gaji dan bonus dari PNS maupun swasta. Ini kita harapkan dongkrak penjualan Mei. Di Lebaran sendiri pasar biasanya terdongkrak naik 10 sampai 12 persen,” ucap Thomas.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com