Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspor Mobil dari Indonesia Meningkat

Kompas.com - 15/05/2019, 15:23 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan mobil penumpang dan komersial turun 13 persen pada kuartal 1 2019. Namun kondisi tersebut tak berlaku untuk pasar ekspor, selama Januari-Maret 2019 ekspor kendaraan dari Indonesia justru meningkat 20 persen.

"Ekspor 3 bulan pertama tumbuh 20 persen dari tahun lalu. Jadi dengan bangga kami sampaikan hal ini. Semoga terus maju seiring pertumbuhan ekonomi," kata Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo di Jakarta, Selasa (5/14/2019).

Nangoi mengatakan, raihan ini sesuai harapan pemerintah yang menginginkan Indonesia jadi basis produksi dan basis ekspor. Terlebih capaian ini diraih saat kondisi ekonomi global kurang baik dipicu perang dagang antara AS dengan China.

Baca juga: Total Ekspor Mobil Naik, Kecuali Toyota dan Hyundai

"Tapi kita lihat AS yang sedang psywar dengan China pertumbuhannya masih bagus sekitar 3 persen lebih, China juga masih 6,3 persen, jadi kalau kita lihat dunia juga masih bertumbuh. Otomatis Indonesia setelah ini (pemilu) seharusnya kita bisa tumbuh juga," katanya.

Ekspor mobilTMMIN Ekspor mobil

Nangoi optimistis penjualan mobil baik domestik maupun ekspor bisa terus meningkat. Sebab saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia masih cukup baik yakni sebesar 5,07 persen, walaupun masih belum sesuai target pemerintah sebesar 5,2 persen.

"Setelah aman dari gonjang-ganjing seharusnya kita bisa tumbuh. Jadi kita bisa mengejar ketinggalan kita selama tiga bulan ini, dan target Gaikindo untuk 1,1 juta kendaraan domestik tercapai dan pertumbuhan ekspor 20-25 persen juga bisa dicapai," katanya.

Baca juga: DFSK Bicara Peluang Ekspor Mobil ke Australia

Mengutip data penjualan ekspor Gaikindo selama kuartal 1 2019, Daihatsu berada di peringkat pertama dengan total pengiriman ekspor sebanyak 26.116 unit. Di posisi kedua ditempati Toyota dengan angka 23.283 unit.

Di posisi ketiga, ada Mitsubishi Motor dengan jumlah ekspor mencapai 14.775 unit. Di posisi kelima ada Suzuki yang mengekspor 8.439 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com