Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartal I, Penjualan Toyota Turun tapi Pangsa Pasar Naik

Kompas.com - 10/05/2019, 18:42 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan Toyota pada kuartal I 2019 (Januari-April) sudah mencapai 106.690 unit. Jumlah tersebut menurun jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang tembus 113.854 unit.

Namun, dari sisi pangsa pasar berhasil tumbuh dari 28,9 persen pada Januari-April 2018 menjadi 32 persen di kuartal I 2019. Pencapaian tersebut dinilai cukup bagus karena kondisi pasar saat ini masih tergolong stagnan.

"Secara volume, angka penjualan kuartal I 2019 menurun 6,3 persen, tetapi kita berhasil meningkatkan pangsa pasar, dan ini menunjukan bahwa kinerja Toyota jauh di atas rata-rata industri," ujar Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto, Jumat (10/5/2019).

Kontribusi terbesar pertama masih disumbangkan oleh segmen MPV dengan raihan 60,9 persen. Model paling laris di kelas itu tetap Avanza-Veloz, dan Innova.

Baca juga: Harga Glory 560 Senggol Avanza-Rush, Ini Kata Toyota

Selanjutnya, segmen SUV menjadi penyumbang terbesar kedua dengan total penjualan pada April mencapai 7.133 unit sehingga total penjualan segmen ini sepanjang kuartal pertama 2019 menjadi 26.105 unit atau naik 22,4 persen.

Toyota Fortuner TRD Sportivo meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Kini semua varian Fortuner menggunakan spion lipat otomatis, lampu utama Bi-Beam LED, dan rem cakram di roda belakang. Khusus varian VRZ 4x4 kini dilengkapi downhill assist controlFebri Ardani/otomania.com Toyota Fortuner TRD Sportivo meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Kini semua varian Fortuner menggunakan spion lipat otomatis, lampu utama Bi-Beam LED, dan rem cakram di roda belakang. Khusus varian VRZ 4x4 kini dilengkapi downhill assist control

Pencapaian ini membuat pangsa pasar Toyota di segmen SUV naik dari 36,3 persen menjadi 49,8 persen. Sebagian besar penjualan SUV berasal dari Rush dengan total 5.474 unit.

Selanjutnya, segmen high SUV seperti Fortuner pada April mencapai 1.547 unit sehingga total penjualan sepanjang kuartal pertama 2019 sudah mencapai 5.781 unit dengan pangsa pasar 33,1 persen.

Terakhir, segmen hatchback ikut menyumbangkan hasil positif dengan total penjualan pada April mencapai 3.056 unit. Penjualan Yaris tembus 782 unit atau naik signifikan dibanding bulan sebelumnya 595 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com