Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Buka Tutup Gas Skutik yang Benar buat Pemula

Kompas.com - 06/05/2019, 18:02 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai skutik relatif mudah karena tanpa kopling dan pindah gigi, pengendara cukup putar gas maka sepeda motor bisa langsung jalan. Meski demikian tidak bisa asal dan tetap butuh keahlian, terutama buat yang baru belajar naik motor.

Agus Sani, Head of Safety Riding Wahana, Main Dealer motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang mengatakan, ada tiga hal yang sebaiknya dilakukan oleh pemula yang baru belajar naik motor, terutama saat menggunakan skutik.

Baca juga: Tips Sederhana Merawat "Power Window"

"Menguasai instrumen yang ada pada kendaraan misal rem karena di matik kedua rem ada di tangan. Lalu postur berkendara, karena di motor matik kaki kita bebas tanpa mengoperasikan apapun, dan yang paling penting adalah kita harus tahu saat buka tutup gas yang aman saat menggunakan motor matik," kata Agus kepada Kompas.com, Senin (6/5/2019).

Agus menerangkan, buka tutup gas pada skutik merupakan hal krusial. Kerap terjadi pemula panik dan justru 'membejek' gas. Pengaturan buka tutup gas juga supaya motor tidak 'nyelonong'' saat turunan atau tanjakan karena buka tutup gas yang tidak aman.

Baca juga: Rider Berkacamata, Simak Tips Pilih Helm yang Nyaman

Berikut 3 hal mengenai buka tutup gas yang mesti diperhatikan pemula saat mengendarai skutik:

- Saat baru start atau jalan usahakan untuk tidak membuka gas secara spontan tapi lakukan bertahap, sampai kendaraan melaju dengan kecepatan stabil.

- Saat turunan atau jalan menurun usahakan gas harus terisi tidak ditutup habis, karena jika di tutup habis maka motor akan loss atau mesin tidak membantu pengereman.

- Untuk penggunaan rem, usahakan untuk selalu mengerem dengan kedua rem (depan dan belakang) secara bersamaan agar pengereman lebih efektif.

- Jika sudah menguasai buka tutup gas dengan baik maka jari tangan usahakan untuk tidak selalu standbye di tuas rem kanan dan kiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com