Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumen Toyota Tidak Lirik Uang Muka Nol Persen

Kompas.com - 18/04/2019, 20:00 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aturan baru dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), terkait penerapan uang muka/down payment (DP) nol persen, disambut baik oleh produsen otomotif. Salah satunya Toyota Astra Motor (TAM) karena dinilai bisa mendorong minat masyarakat untuk membeli mobil.

Tetapi, tidak serta-merta kebijakan itu bisa langsung mendongkrak penjualan dan akan dipilih oleh konsumen.

Seperti halnya pembeli mobil Toyota, kata Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto, kurang tertarik mengambil skema kredit dengan uang muka nol persen.

"Minimal 20-30 persen, karena beban cicilannya yang akan besar, jadi kebanyakan mereka pilihannya uang muka normal," ucap Soerjopranoto ketika berbincang dengan Kompas.com belum lama ini di kawasan Jakarta Pusat.

Baca juga: Uang Muka Nol Persen Bakal Gairahkan Otomotif Nasional

Meski begitu, Soerjo mengapresiasi langkah OJK karena bisa menciptakan iklim positif terutama pada industri otomotif.

"Jadi rata-rata memang konsumen itu inginnya di uang muka tidak terlalu rendah agar tidak berat angsurannya. Tetapi kami ikut mendukung dan mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh OJK," ujar Soerjo.

Aturan tersebut, selain uang muka nol persen untuk perusahaan pembiayaan dengan kredit macet di bawah 1 persen, ada juga klausul lain seperti yang memiliki kredit macet 1,3 persen bisa menerapkan uang muka 10 persen.

Selanjutnya, kredit macet 3-5 persen bisa menerapkan uang muka minimal 15 persen, dan di atas 5 persen dapat menawarkan uang muka 20 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com