Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar dari Kasus Pengemudi Fortuner yang Arogan

Kompas.com - 18/04/2019, 12:13 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, media sosial diramaikan dengan viralnya video pengendara Toyota Fortuner yang melakukan aksi arogan di Tol Pancoran, Jakarta Selatan. Saat ini, pelaku yang diketahui merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) tersebut, sudah ditetapkan menjadi tersangka oleh Polda Metro Jaya.

Meski sudah selesai, namun menurut pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, ada pelajaran berharga yang bisa dipetik dari kasus tersebut, yakni pentingnya berempati saat berkendara.

"Sebenarnya banyak yang bisa dijadikan pelajaran, pertama adalah soal pentingnya memahami regulasi soal berkendara, karena bila bicara kesalahan dia lewat bahu jalan sudah jelas salah. Tapi yang paling penting adalah soal empati sesama pengguna jalan, ini yang selama ini kurang disosialisasikan," ucap Jusri beberapa waktu lalu kepada Kompas.com.

Baca juga: Pengendara Fortuner Arogan di Tol Pancoran Terancam Penjara

Jusri menegaskan selain edukasi yang sifatnya pengetahuan keselamatan berlalu lintas, sikap empati atau rasa peduli sesama pengguna jalan juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Hampir setiap kasus arogan atau emosi di jalan raya biasanya diakibatkan masalah yang sebenarnya sepele, tapi karena terpancing emosi dan juga rasa ego, maka bisa memicu sebuah konflik.

Dalam kasus pengendara Fortuner arogan, bila dicermati sebenarnya ujung masalahnya cukup sederhana, yakni adanya sifat ego dari masing-masing pengendara. Pelaku merasa tak terima karena saat akan menyalip dari bahu jalan dihalangi oleh mobil korban, sementara itu, korbannya mempertahankan egonya untuk tak memberikan jalan ke pelaku agar bisa tertangkap polisi.

Aksi Arogan Pengendara Fortuner di Tol Pancoran Aksi Arogan Pengendara Fortuner di Tol Pancoran

"Dari segi kacamata kita mungkin hal tersebut wajar dilakukan korban, karena dia pada posisi benar, sementara si pelaku ini melanggar lalu lintas. Tapi ujungnya kita tidak tahu bila ternyata apa yang menurut kita benar akan menimbulkan konflik dan memiliki risiko kerugian bagi kedua belah pihak," kata Jusri.

Baca juga: Ingat, Jalan Raya Adalah Area yang Tidak Aman

"Ini bukan pertama kalinya, saya sudah banyak melihat kasus seperti ini, bahkan sampai ada yang akhirnya adu jotos dan meninggal dunia karena serangan jantung beberapa tahun lalu di Jagorawi, masalahnya karena terpancing emosi di jalan raya yang harusnya bisa dihindari bila para pengendara memiliki sikap empati," ujar Jusri.

Sikap empati di jalan raya bagi sebagian pengendara di Indonesia memang masih minim, contoh paling sederhana adalah soal paradigma kendaraan besar yang dianggap selalu salah dibandingkan kendaraan yang lebih kecil, layaknya mobil dengan motor. Padahal belum tentu semua pengendara mobil salah, bisa saja pemotor yang melanggar dan mengakibatkan konflik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com