Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Jalan Raya Adalah Area yang Tidak Aman

Kompas.com - 10/04/2019, 09:39 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengendara sepeda motor atau mobil bisa belajar dari kasus kecelakaan tunggal yang menewaskan Ita Sachari (27) di Jalan Raya Margonda, Kecamatan Beji, Depok, Senin (8/4/2019). Setiap orang perlu punya pemikiran bahwa jalan raya merupakan tempat yang tidak aman.

Apalagi, jalan raya yang sepi karena tidak ada kendaraan melintas itu belum tentu aman buat pengendara. Justru, akan berbahaya, karena potensi terjadinya kecelakaan itu cukup besar.

"Pembelajaran yang bisa kita ambil dari kasus kecelakaan itu, yaitu jangan punya pikiran bahwa jalan raya atau jalan raya yang sepi itu aman, justru itu berbahaya buat diri sendiri atau orang lain," ujar Jusri Pulubuhu, pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (10/4/2019).

Jalan yang sepi itu, kata Jusri menjadikan paradigma masyarakat lebih aman daripada ramai kendaraan. Padahal, secara fakta tidak seperti itu, karena semua orang beranggapan seperti itu, justru menjadi tidak aman.

Baca juga: Kecelakaan Lalu Lintas Bisa Bikin Jatuh Miskin

"Tiba-tiba ada orang menyebrang, atau memicu pengendara untuk meningkatkan kecepatan sehingga potensi terjadinya kecelakaan pun menjadi lebih tinggi," ucap dia.

Jusri menyarankan, kepada seluruh pengendara kendaraan bermotor jika melintas di jalan sepi harus tetap berkendara dengan wajar. Secara kecepatan ataupun prilaku lainnya jangan dibuat berlebihan, karena akan membayakan buat orang banyak.

"Tidak banyak pengendara motor atau mobil yang memacu kecepatan jika di jalan yang sepi, padahal itu justru berbahaya, apalagi kita tidak bisa mengendalikan motor atau mobil tersebut dalam kecepatan tinggi, hasilnya terjadi kecelakaan," kata dia.

Kecelakaan yang merenggut nyawa ibu rumah tangga di Depok itu berdasarkan rekaman CCTV, karena pengendara itu off out control. Jalan tersebut cukup sepi karena terjadi pagi dan berada di jalur cepat di Margonda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com