Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki dan Toyota: Kerja Sama Tidak Akan Terjadi di Indonesia

Kompas.com - 31/03/2019, 08:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota telah mengumumkan rencana mereka untuk bekerja sama dengan Suzuki di India. Toyota akan berbagi teknologi hybrid dengan Suzuki pada produk Ciaz dan Ertiga yang dipasarkan dengan logo Toyota.

Lantas apakah kerja sama serupa dapat terjadi di indonesia? Menanggapi hal ini Vice President Director PT Toyota Astra Motor, Henry Tanoto mengungkapkan tidak ada rencana kerja sama serupa untuk Indonesia.

“Hal yang bisa saya jawab untuk pasar domestik, tidak ada perencanaan seperti itu (kerja sama dengan Suzuki). Di Indonesia kita tidak ada kerja sama sejauh ini,” ucap Henry saat ditemui Jumat (29/3/2019).

Henry juga menjelaskan di masa depan, antara Toyota dengan Suzuki akan berjalan sendiri-sendiri. Kerja sama antar produk pun belum ada dalam bentuk perencanaan.

Baca juga: Status Suzuki Jimny di Indonesia Masih Belum Jelas

Soal kerja sama di Indonesia ini sudah dijawab pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Direktur Pemasaran 4W PT SIS Donny Saputra menjelaskan kondisi di Indonesia Suzuki dan Toyota tetap dalam persaingan sehat.

“Persaingan itu terjadi di India ataupun di Indonesia. Selebihnya hak prinsipal yang membicarakan secara detail dan kami selalu mengikuti kebijakan prinsipal,” ucap Donny beberapa waktu lalu.

Kerja sama antara Toyota dan Suzuki di India ini antara lain meliputi riset dan pengembangan (R&D) serta produk-produk kendaraan kompak. Dari kerja sama ini Suzuki akan mendapatkan teknologi hibrida untuk menjual di seluruh dunia, Toyota akan memproduksi model kompak Ciaz dan Ertiga untuk Toyota di India.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com