Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan Ini Bila Mobil Bekas Ingin Tampil Lebih Mengkilap

Kompas.com - 29/03/2019, 11:12 WIB
Azwar Ferdian

Editor

 

JAKARTA, KOMPAS,com - Saat ini sudah banyak yang menawarkan perawatan khusus yang bisa membuat penampilan mobil jadi lebih bersih dan terlihat mengkilap. Tekniknya pun beragam, mulai poles biasa dengan cara waxing atau coating dengan metode nano ceramic sampai saphire serum.

Tetapi ada hal yang perlu diperhatikan bila ingin mengaplikasi coating baik itu dengan nano ceramic atau saphire serum, terutama buat yang mobilnya bisa dikatakan sudah lama atau bukan mobil baru lagi.

Buat mobil baru, tentu bisa langsung melakukan poles bodi karena bisa dipastikan seluruh permukaan bodi masih mulus tanpa adanya cacat atau jamur yang menempel. Beda halnya buat mobil lama yang mungkin bodinya sudah tergores. Sebaiknya dicek dulu semua bagian bodi, untuk memastikan tidak ada sektor yang lecet.

"Sebenarnya coating bisa dilakukan baik itu mobil baru atau mobil lama. Tapi, buat mobil lama biasanya kita melakukan inspeksi pada bagian bodi. Ini untuk melihat dulu secara keseluruhan apakah ada bodi catnya lecet atau tergores," jelas Brand Manager System X Ceramic Protection, Arta Alfatha, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Baca juga: Berapa Sih Harga Poles Kaca Mobil yang Baret?

Apabila ada bodi yang lecet, baiknya diperbaiki dulu baru diaplikasi coating untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Bodi mobil sangat rentan terhadap berbagai jenis korosi, baik akibat garam, pasir, asap, polutan, serangga, lembab, hingga sinar matahari. System X Ceramic Protection coba menawarkan pelapisan keramik untuk perlindungan bodi.

System X memiliki enam varian produk yang akan dipasarkan di Indonesia, yaitu Diamond SS, Pro, Glass, Interior, Xtreme, dan Renegade, dengan rentang harga mulai Rp 4,5 juta sampai Rp 18,5 juta.

Auto Detailing
CEO Makko Gruop, Christopher Sebastian, yang memegang merek Top Coat Indonesia, menjelaskan bahwa dalam melakukan coating itu memang melalui beberapa tahapan agar mendapatkan hasil maksimal.

"Banyak yang dibilang kalau coating di tempat kami itu tiga lapisan (layer) atau beberapa layer. Pada dasarnya kalau coating itu memang harus melalui proses beberapa layer dulu," kata Christopher beberapa waktu lalu.

Secara dasar, sebelum mulai coating, mobil tersebut harus dibersihkan atau disebut dengan istilah auto-detailing. Ini berguna untuk melihat seluruh permukaan bodi. Apakah ada bodi yang tergores ringan, atau kategori cat bodi rusak. Semuanya harus diperbaiki dulu sampai benar-benar mulus, setelah itu baru bisa di coating.

"Auto detailing saja ada tiga tahapan, belum lagi proses coating memang secara dasarnya ada tiga tahapan juga, sampai benar-benar selesai. Makanya jangan mau dimanfaatkan dengan dibilang kalau bayar lebih mahal karena dilakukan beberapa layer untuk coating," ujar Christopher.

Christopher melanjutkan, jadi tidak masalah sebenarnya bila mobil yang sudah lama dipakai bila mau dicoating. Hanya saja pastikan melewati proses auto detailling, agar coating tidak sia-sia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com