Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wuling Belum Sentuh Segmen Mobil Murah di Indonesia

Kompas.com - 04/03/2019, 08:22 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling menjadi salah satu produsen yang sedang mempelajari konsumen dan pasar di kelas low cost green car/LCGC. Apabila hasil studi dianggap menguntungkan, maka merek otomotif asal China itu pun tidak segan untuk berinvestasi di segmen itu.

Studi yang sedang dilakukan Wuling seperti melihat bagaimana karakter pembeli mobil murah, hingga model seperti apa untuk masyarakat Indonesia.

Yin Yi, Brand and Marketing Director Wuling menjelaskan, setiap segmen memiliki karakter yang berbeda-beda. Wuling ingin lebih spesifik lagi mempelajari kelas mobil murah, agar kelak produknya bisa diterima dengan baik oleh masyarakat.

"Kita harus pelajari dulu semuanya, karena kita baru 2 tahun ada di Indonesia. Misalnya melakukan studi soal kebutuhan konsumen, hingga karakternya," ujar pria asal China itu ketika berbincang dengan Kompas.com belum lama ini di Jakarta.

Baca juga: Wuling Tak Mau "Perang" dengan Merek Jepang

Yin Yi melanjutkan, setiap mengeluarkan model baru termasuk Confero, Cortez, Formo, hingga Almaz, Wuling selalu melakukan survei atau pembelajaran karakter masyarakat di masing-masing segmen.

"Hasilnya pun terbukti cukup bagus, misal pada Almaz ini sendiri sekitar 1 bulan sudah terpesan sekitar 1.000-an unit. Kami harapkan jika memang akan bermain di LCGC pun demikian, sehingga jika sudah dianggap bagus maka kami akan melakukan investasi di segmen itu," kata dia.

Pasar LCGC sendiri, kata dia sangat berpotensi tetapi bukan berarti melihat ke arah itu Wuling memutuskan untuk ikutan menjual produk di kelas mobil murah dalam waktu dua atau tiga tahun setelah Wuling berada di pasar otomotif nasional.

"Jadi dalam rencana kita dalam 5 tahun itu memang akan meluncurkan beragam model, tetapi masuk segmen apa yang perlu dikembangkan dan dipelajari lagi lebih dalam agar hasilnya memuaskan," ucap Yin Yi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com