Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawa Koin Dua Karung, Ibu-ibu Bawa Pulang Nmax

Kompas.com - 01/03/2019, 16:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cerita mengenai usaha seseorang untuk mewujudkan keinginan memiliki motor idaman selalu menarik diikuti. Salah satunya kejadian yang terjadi di Manado, Rabu (27/2/2019).

Diceritakan seorang ibu bernama Vonny Ali menginginkan motor Nmax untuk kendaraannya sehari-hari. Ibu yang kesehariannya berdagang tersebut menghubungi diler PT Hasjrat Abadi Outlet Calaca, Manado untuk menanyakan ketersediaan motor tersebut.

"Ketika itu di awal Februari, ibu Vonny berencana membeli Nmax non ABS. Tapi karena barang sedang tidak ada, ibu Vonny disarankan untuk inden terlebih dulu," ucap tenaga penjual Zulkifli Soleman saat dihubungi Kompas.com, Jumat (1/3/2019).

Zulkifli menceritakan Vonny bersedia untuk melakukan pemesan guna mendapatkan skutik gambot tersebut. Namun di pertengahan bulan, Zulkifli dihubungi oleh Vonny yang menanyakan apakah diler Yamaha tersebut menerima bila dirinya membayar dengan menggunakan koin.

Meski merasa terkejut dengan permintaan calon konsumennya tersebut, Zulkifli mengiyakan permintaan tersebut. Sebab uang koin juga merupakan pembayaran yang sah dan tidak dilarang untuk digunakan dalam pembelian sepeda motor.

Baca juga: Ketika CBR150R Ditukar dengan Koin Seember

"Saya hanya berpesan agar ibu Vonny datang sudah menyusun koin-koin tersebut sesuai nilai. Rp 1.000 dan Rp 500 disendirikan dan dikelompokkan dalam nilai total Rp 1 juta dan Rp 500.000," ucap Zulkifli.

Rabu lalu, datanglah Vonny dengan uang koin yang dijanjikannya. Hanya dengan menggunakan sepeda motor, ibu tersebut meletakkan koin bayaran motornya di dalam karung.

Pihak diler Yamaha segera menerima uang tersebut untuk kemudian menghitungnya. Dalam kondisi tersusun rapi, uang tersebut berhasil dihitung pihak diler dengan mudah.

"Awalnya saya kira bercanda, ternyata benar pakai koin. Beratnya mungkin sekitar 10 kilogram. Harga Nmax yang dibeli Rp 30,750 juta, uang koinnya Rp 20 jutaan. Sisanya dibayar ibu Vonny dengan uang kertas," ucap Zulkifly.

Zulkifli menceritakan konsumennya tersebut awalnya ingin membayar seluruh nilai sepeda motor dengan uang koin. Namun Vonny merasa malu kalau nanti pembayarannya semua dengan koin dan menjadi perbincangan orang.

Pihak diler menghitung uang koin yang digunakan untuk membeli NmaxYamaha Manado Pihak diler menghitung uang koin yang digunakan untuk membeli Nmax

Nmax tersebut langsung dibawa Vonny pulang ke rumah. Rencananya motor tersebut digunakan untuk membantunya berdagang dan diserahkan kepada suaminya.

Pihak Yamaha Manado berencana untuk memberikan apresiasi kepada konsumen tersebut. Selain cara pembelian yang unik, Vonny menjadi contoh untuk tidak perlu merasa minder dengan uang koin karena itu juga alat pembayaran yang sah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com