Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Konsep Airbag Ini Buat Pemotor Seperti Kepompong

Kompas.com - 13/02/2019, 16:32 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber visordown

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitur keselamatan kantung udara atau airbag lazimnya hadir di kendaraan roda empat. Hadirnya fitur ini memperbesar persentase keselamatan pengemudi dan penumpang ketika terjadi kecelakaan.

Kehadiran airbag ini sebenarnya juga diidamkan hadir di sepeda motor. Beberapa kali perusahaan aksesori sepeda motor menanamkan fitur ini di helm maupun jaket dan celana berkendara seperti yang pernah diuji coba Dainese dan Alpinestar.

Sebuah perusahaan perintis di bidang keselamatan berkendara baru-baru ini memperlihatkan ide mereka untuk membuat airbag bagi pengendara motor. Konsep yang diberi nama Airbag for Bike ini terinsiprasi dari kursi pelontar di pesawat tempur yang digunakan militer.

Jika sistem airbag saat ini hanya melindungi tubuh bagian atas saja, konsep ini memperlihatkan perlindungan dilakukan menyeluruh hingga ke bagian kaki seperti kepompong. Sistem airbag ini dipasang pada jok sepeda motor dan akan bereaksi ketika sensor menyatakan terjadi kecelakaan.

Baca juga: Honda Gold Wing buat Indonesia Tanpa Airbag

Airbag di Motor Honda Goldwing.istimewa Airbag di Motor Honda Goldwing.

Sistem ini menggunakan sensor gyroscope untuk mengkalkulasi daya benturan. Jika diperlukan, sistem akan melepaskan jok dari sepeda motor dan melepaskan airbag dalam waktu sepersekian detik melindungi seluruh tubuh.

Uniknya, ide ini sudah diutarakan sejak 2013 lalu dan baru-baru ini kembali jadi pembahasan. Sistem airbag yang ada belakangan ini biasanya adalah perangkat tambahan yang diletakkan dibalik jaket.

Produk motor juga sudah ada yang mengaplikasikan airbag, salah satunya Honda Goldwing terbaru. Beberapa waktu lalu perangkat airbag juga diuji coba di lintasan balap dimana sistem airbag ditempel di area leher pebalap untuk mencegah dari cedera leher saat terjatuh.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber visordown


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com