Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaikindo Ingin Banyak Merek Baru Investasi di Indonesia

Kompas.com - 14/01/2019, 08:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berharap tahun ini akan semakin banyak merek otomotif yang berinvestasi di Indonesia. Kondisi itu tentunya dipercaya bisa mengembangkan industri otomotif dalam negeri.

Harapan tersebut disampaikan langsung oleh Ketua I Gaikindo Jongkie D Sugiarto. Menurut dia, sudah terdengar ada beberapa merek yang mau mengembangkan bisnis otomotifnya di Indonesia.

"Tetapi, kami belum mendengar lagi perkembangan terbarunya. Tentunya kami harapkan semuanya bisa berjalan dengan lancar," ucap Jongkie kepada Kompas.com belum lama ini.

Jongkie melanjutkan, tidak mempermasalahkan merek otomotif itu berasal dari mana, paling utama bisa mendorong industri dalam negeri, karena otomatis akan membuka banyak lapangan pekerjaan untuk masyarakat Indonesia.

Baca juga: Prediksi Gaikindo, Tahun Politik Tak Ganggu Penjualan Mobil

"Kami dengan ada VW, Hyundai, belum lagi merek lain. Kami harapkan semuanya jadi, kita tunggu saja tahun ini seperti apa," kata dia.

Pabrik Sokonindo Automobile di Cikande, Serang, Banten.Ghulam/KompasOtomotif Pabrik Sokonindo Automobile di Cikande, Serang, Banten.

Sebagai asosiasi, Gaikindo itu sendiri lanjut Jongkie tentunya akan mendukung langkah positif dari merek otomotif terutama yang sudah tergabung menjadi anggota. Dia juga mengatakan, sangat terbuka untuk merek lain bisa masuk dalam organisasi Gaikindo ini.

"Mau merek dari China, Jepang, Eropa, atau Amerika kita sangat terbuka luas. Dukungan penuh pun akan kami berikan kepada mereka, apalagi yang mau berinvestasi di sini. Pemerintah juga tentunya akan mendukung semuanya," ujar Jongkie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com