Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Supra dan 86, Hasil Kawin Silang Toyota dengan Merek Lain

Kompas.com - 01/01/2019, 10:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produk mobil sport Toyota Supra terbaru sudah dinanti-nanti para penggemar roda empat di seluruh dunia sejak tahun lalu. Sempat hadir dengan stiker kamuflase, belakangan gambar utuh sedan sporty tersebut muncul ke publik.

Mobil hasil kerja sama Toyota dengan BMW ini sebenarnya akan dikenalkan pada 14 Januari 2019 mendatang, namun beberapa fotonya tanpa stiker kamuflase sudah tersebar di publik. Hadir pertama kali sebagai konsep FT-1, Supra terbaru memang terlihat futuristik sebagai sebuah model coupe Toyota.

Dalam sejarahnya, Toyota bukan kali ini saja bekerja sama dengan perusahaan lain untuk menciptakan model sedan. Masih ingat produk Toyota 86? Itu adalah hasil kerja sama dengan Subaru.

Lantas apa perbedaan dari kedua kerja sama tersebut? Untuk proyek Supra ini, kerja sama dengan BMW akan melahirkan model Z4 pada pabrikan Jerman tersebut. Kerja sama ini sudah dipersiapkan sejak 2014 silam.

Baca juga: Siap-siap Toyota Supra Baru Masuk Indonesia

Toyota 86 mendapat penyegaran dari berbagai sisi.TAM Toyota 86 mendapat penyegaran dari berbagai sisi.

Dikenal sebagai model kelima atau A90/J29, Supra dan Z4 akan berbagi komponen bersama. Dari segi mesin, Supra akan menggunakan mesin 3.0 L in line enam silinder yang menghasilkan tenaga 380 tk.

Untuk proyek 86 atau BRZ di Subaru, produk ini adalah model coupe 2+2 yang lebih kecil. Diproduksi di pabrik Subaru di Gunma, Jepang, Toyota 86 menggunakan mesin 2.0L D-4S Boxer milik Subaru yang menghasilkan tenaga 197 tk.

Model ini juga cukup populer bagi para pecinta modifikasi. Dari segi harga, 86 dan BRZ jadi mobil sport kelas pemula yang cukup terjangkau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com