Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Berlibur, Jangan Lupa Cek Kondisi Mobil ke Bengkel

Kompas.com - 29/12/2018, 07:22 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Warga Ibu Kota dan sekitarnya yang mudik Natal dan liburan akhir tahun menggunakan mobil pribadi, jangan lupa ketika sudah kembali di rumah, segera membawa kendaraan ke bengkel. Sebab, setelah menempuh perjalanan jauh, wajib dicek lagi kondisi mesin hingga kaki-kaki.

Menurut Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, mobil yang sudah menempuh perjalanan jauh, agar performanya tetap maksimal maka harus dicek minimal servis atau pengecekan ringan.

"Apalagi jika waktunya servis bisa sekaligus, tetapi jika belum minta cek kaki-kaki saja," ucap Sapta kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Ini yang Bikin Orang Jarang Servis Mobil ke Bengkel Resmi

Selain kaki-kaki, kata Sapta lebih baik lagi mengecek beberapa komponen penting seperti mengganti oli, tune-up, rotasi dan balance ban, membersihkan kampas rem serta masih banyak lagi yang lainnya.

Suasana di bengkel resmi Auto2000 Toyota di Jalan Siliwangi, Bogor pada Minggu (31/12/2017). Bengkel Auto2000 di Bogor merupakan satu dari empat bengkel resmi Toyota yang tetap buka 24 jam selama musim liburan panjang Natal dan Tahun Baru, tepatnya dari 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Suasana di bengkel resmi Auto2000 Toyota di Jalan Siliwangi, Bogor pada Minggu (31/12/2017). Bengkel Auto2000 di Bogor merupakan satu dari empat bengkel resmi Toyota yang tetap buka 24 jam selama musim liburan panjang Natal dan Tahun Baru, tepatnya dari 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018.

"Kalau mobil sering melakukan servis rutin justru lebih bagus lagi. Kalau mau berangkat cukup berangkat saja, dan pulang dicek ringan saja," kata Sapta.

Jadi, buat Anda yang masih berlibur jangan lupa ketika tiba di kota asal, untuk segera membawa mobil ke bengkel agar diperiksa apakah masih dalam kondisi normal atau tidak. Tentunya ini akan menjaga kenyamanan dan keamanan selama di perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com